Advertisement

Lagi, Wilayah Batang Jateng Digoyang Gempa Tektonik Magnitudo 3 Pagi Ini

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 13 Juli 2024 - 09:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Lagi, Wilayah Batang Jateng Digoyang Gempa Tektonik Magnitudo 3 Pagi Ini Ilustrasi sesar gempa / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— BMKG mencatat terjadinya gempa tektonik dengan magnitudo 3 sekitar pukul 07.38.32 WIB di wilayah Batang, Jateng, Sabtu (13/7/2024).

Hasil monitoring BMKG menunjukkan Gempa bumi ini merupakan bagian rangkaian gempa bumi Batang M4,4 yang terjadi pada Minggu (7/7/2024) pukul 14.35.24 WIB yang tercatat adanya empat kali gempa bumi susulan (aftershock ).

Advertisement

Kepala Stageof Sleman BMKG Jogja Setyoajie Prayoedhie menjelaskan, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M3,0. "Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6.97° LS; 109.72° BT tepatnya di darat pada jarak 6 km arah Barat Daya Batang, Jateng dengan kedalaman 5 Km," katanya.

Jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, sambung Ajie, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Batang III MMI [Getaran dirasakan seperti truk yang melintas]. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

"Ya ini merupakan bagian rangkaian gempa bumi Batang M4,4 yang terjadi pada hari Minggu tanggal 7 Juli 2024 lalu dan telah tercatat adanya 4 kali gempabumi susulan (aftershock)," katanya.

Dia menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement