Advertisement

Bedah Buku untuk Tingkatkan Minat Baca Makin Diminati Warga

Media Digital
Jum'at, 26 Juli 2024 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Bedah Buku untuk Tingkatkan Minat Baca Makin Diminati Warga Bedah buku digelar di Pendopo Mbah Bayan RT/RW 02/11 Sumber, Kalurahan Balecatur, Kapanewon Gamping, Sleman, Jumat (26/7/2024). Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Upaya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY untuk terus meningkatkan minat baca masyarakat disambut antusias para warga. Agenda bedah buku yang diinisiasi DPAD DIY di seluruh wilayah DIY itu terus mendapat sambutan positif dari warga dan juga hampir selalu dipenuhi kehadiran para peserta.

Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Statis DPAD DIY Rakhmat Sutopo mengungkapkan bedah buku yang diinisiasi DPAD DIY telah digelar di 138 titik di DIY sampai dengan Jumat (26/7/2024). Cakupan ini menjadi sinyal semakin banyaknya orang yang didorong minat bacanya oleh DPAD DIY.

Advertisement

“Artinya sudah semakin banyak orang yang diberi pemahaman dan diberi motivasi untuk membaca, terutama membaca buku,” ungkapnya, kemarin.

Rakhmat menilai membaca buku dapat menjadi tonggak awal kemajuan bangsa. Banyak informasi dan pengetahuan yang bisa dimiliki masyarakat dan dapat bermanfaat dalam lingkup kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, dari membaca buku, masyarakat punya potensi mengembangkan diri dan lingkungannya.

Kemarin, di Pendopo Mbah Bayan RT/RW 02/11 Sumber, Kalurahan Balecatur, Kapanewon Gamping, Sleman buku yang dibedah adalah buku pintar kesehatan anak. Mengambil momentum peringatan Hari Anak, isu kesehatan anak menjadi salah satu topik yang penting dan menjadi perhatian.

BACA JUGA: Bediding Disebut Berkaitan dengan Fenomena Aphelion

Wakil Ketua DPRD DIY Anton Prabu Semendawai menambahkan dirinya ingin kegiatan bedah buku ini bisa menyasar seluruh wilayah DIY. Harapannya minat baca masyarakat DIY bisa terus meningkat meskipun saat ini DIY telah menempati urutan teratas di Indonesia.

Tema kesehatan yang dikupas juga sangat dekat dengan lingkungan masyarakat. Terkadang banyak warga yang belum mengetahui aspek-aspek penting pada kesehatan anak sehingga lewat buku yang dibahas itu, orang tua makin mengenali kesehatan anak itu seperti apa.

Setali tiga uang, dengan agenda ini minat baca masyarakat bisa terkerek dan kesehatan anak bisa terjaga. “Minat baca dan pengetahuan warga tambah meningkat, otomatis kesehatan anaknya juga meningkat,” paparnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement