Advertisement

Operasi Patuh Progo di Bantul Berakhir, Ribuan Pengendara Kena Tilang, Kebanyakan Pemotor

Stefani Yulindriani dan Jumali
Senin, 29 Juli 2024 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Operasi Patuh Progo di Bantul Berakhir, Ribuan Pengendara Kena Tilang, Kebanyakan Pemotor Polisi menindak pelanggaran lalu lintas di sejumlah lokasi, Senin (22/7/2024) - istimewa Polda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Operasi Patuh Progo 2024 yang digelar mulai 15-28 April 2024, telah berakhir. Sepanjang lebih dari dua pekan digelar, ribuan pelanggar lalu lintas terkena tilang.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan selain melakukan tilang, petugas juga memberikan penindakan berupa teguran. “Untuk tindakan tilang, ada sebanyak 2.559 pelanggar. Kemudian, untuk teguran simpatik terhadap pelanggar mencapai 919 teguran,” ujarnya, Senin (29/7/2024).

Advertisement

Selama Operasi Patuh Progo 2024 ini, kata Jeffry, pelanggaran didominasi oleh kendaraan roda dua.

Lebih detail, Jeffry menjelaskan untuk mayoritas pelanggaran yang ditemukan adalah kendaraan yang menggunakan knalpot yang tidak sesuai spektek sebanyak 669 pelanggar, melanggar lampu lalu lintas sebanyak 599 pelanggar, tidak menggunakan helm SNI sebanyak 576 pelanggar dan berkendara dibawah umur sebanyak 306 pelanggar.

Kemudian untuk jenis pelanggaran kendaraan roda empat yang paling banyak, yakni sabuk pengaman sebanyak 37 pelanggar dan melebihi muatan sebanyak 19 pelanggar.

Jeffry mengungkapkan, usia pengendara yang melakukan pelanggaran paling banyak usia 26-30 tahun. “Pekerjaannya pun bervariatif, mulai dari unsur pelajar, karyawan swasta hingga ASN,” jelas Jeffry.

BACA JUGA: Hari Pertama Operasi Patuh Progo 2024 di Bantul, Ratusan Pengendara Ditilang

Selama masa pelaksanaan operasi, lanjut Jeffry, terjadi sebanyak 79 kecelakaan lalu lintas. “Dari jumlah laka tersebut, terdapat 1 korban meninggal dunia dan luka ringan sebanyak 90 orang, serta menyebabkan kerugian materi mencapai Rp24.140.000,” terangnya.

Faktor penyebab kecelakaan, lanjut Jeffry, antara lain mendahului/berbelok/berpindah jalur, tidak menjaga jarak dan tidak mengutamakan pejalan kaki.

Oleh karena itu meski Operasi Patuh Progo 2024 telah berakhir, Polres Bantul akan tetap mengintensifkan patroli. Untuk menegakkan aturan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas. “Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas. Selalu patuhi rambu-rambu, gunakan helm, dan jangan gunakan knalpot tidak standar [brong]. Dan perlu diingat, awal mula kecelakaan berawal dari pelanggaran lalu lintas."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement