Advertisement

Pendaftaran Sleman Temple Run Akan Ditutup 8 Agustus 2024, Total Hadiah Rp54 Juta

Abdul Hamied Razak
Senin, 29 Juli 2024 - 23:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Pendaftaran Sleman Temple Run Akan Ditutup 8 Agustus 2024, Total Hadiah Rp54 Juta Sleman Temple Run 2022 yang berlangsung Minggu (20/11/2022) - Harian Jogja\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Pendaftaran peserta Sleman Temple Run #9 Tahun 2024 akan ditutup pada tanggal 8 Agustus 2024 mendatang. Hingga kini peserta yang mendaftar sudah tercatat lebih dari 1.000 peserta.

"Mengingat penutupan pendaftaran tinggal sekitar 10 hari lagi maka diharapkan bagi yang berminat mendaftar untuk segera melakukan pendaftaran agar tidak kehilangan kesempatan. Pendaftaran cukup mudah karena dilaksanakan secara online melalui laman slemantemplerun.com," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, Senin (29/7/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Jadwal Event di Jogja Selama Agustus 2024, dari Pameran hingga Konser Musik

Sebagaimana diketahui Event Sleman Temple Run merupakan event sport tourism legendaris yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Trail Runners Yogyakarta (TRY), PT TWC dan BPK Wilayah X sejak tahun 2016.

Event ini menjadi satu-satunya konsep lari di dunia yang disajikan dengan berlari melintasi kawasan wisata budaya yang berupa candi-candi di wilayah Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman seperti Candi Banyunibo, Candi Ijo, Candi Barong, Candi Arca Gupala, Candi Ratu Boko dan Tebing Breksi dan beberapa situs purbakala lainnya maupun obyek wisata alam.

Selain menikmati suasana yang masih alami dan pemandangan candi-candi peninggalan masa lalu, peserta juga akan mendapat hiburan berbagai sajian seni budaya tradisional di sepanjang lintasan.

"Tentunya keikutsertaan dalam event internasional ini akan menjadi kebanggaan tersendiri, sehingga para atlet pelari dari manapun berlomba untuk mengikutinya pada setiap tahunnya. Bahkan pelari pemula maupun sekedar untuk hiburan banyak dari kalangan keluarga yang mencoba untuk mengikutinya mulai dari kategori yang paling ringan yaitu 5K," terang Ishadi.

Selama dua tahun terakhir, Sleman Temple Run menawarkan kategori 5K, 15K, dan 30K. Penentuan kategori 5K dimaksudkan untuk membuka peluang luas agar semakin banyak peserta pemula untuk bisa bergabung dalam event ini sehingga dari kalangan pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum yang belum berpengalaman pun dapat mengikuti mulai dari kategori yang relatif ringan ini.

Untuk kategori 15K dan 30K dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas peserta kategori menengah.

Kini Sleman Temple Run merupakan trail race yang sudah direkomendasikan oleh Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) dan telah memenuhi syarat sebagai event skala internasional yang ditetapkan oleh International Trail Running Association (ITRA). Sehingga Event Sleman Temple Run tahun 2023 dan 2024 ini telah secara resmi termasuk sebagai event sport tourism tingkat internasional.

Ketua Trail Runners Yogyakarta (TRY) dan Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) DIY sekaligus Race Director Roostian Gamananda mengatakan bahwa peserta yang telah mendaftar STR #9 sejumlah lebih dari 1.000 peserta. Sementara peserta asing tercatat sejumlah 18 peserta dari 15 negara, yaitu Belarusia, Colombia, Russia, Timor-Leste, Palestina, Polandia, Sudan, Yaman, Thailand, Pakistan, Cambodia, Belanda, Jerman, Gambia, Belanda dan akan masih banyak lagi yang mendaftar.

Sleman Temple Run #9 kali ini akan memperebutkan hadiah total sebesar Rp.54 juta untuk kategori putra dan putri, dengan perincian Kategori 30K, Juara 1 mendapat hadiah sebesar Rp.6 juta, Juara 2 Rp.4 Juta, Juara 3 Rp.2 Juta; Kategori 15K Juara 1 mendapat hadiah sebesar Rp.4 juta, Juara 2 Rp.3 Juta, Juara 3 Rp.2 Juta; Kategori 5K, Juara 1 mendapat hadiah sebesar Rp.3 juta, Juara 2 Rp.2 Juta, Juara 3 Rp.1 Juta.

Selain memperoleh hadiah uang pembinaan para juara juga memperoleh medali sesuai kejuaraannya. Dan yang tidak kalah menarik semua peserta Sleman Temple Run yang berhasil menyelesaikan lintasan sesuai kategori masing-masing akan memperoleh medali finisher sesuai dengan kategori masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Mahasiswa Unhan Ditetapkan Jadi Komcad Matra Darat

News
| Kamis, 19 September 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement