Advertisement

Kabar Gembira! Puluhan Guru Mengaji di Kulonprogo Terima Intensif Rp2,5 Juta

Triyo Handoko
Jum'at, 02 Agustus 2024 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Kabar Gembira! Puluhan Guru Mengaji di Kulonprogo Terima Intensif Rp2,5 Juta Suasana pembinaan guru ngaji yang dilakukan Kemenag Kulonprogo di Kapanewon Nanggulan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 53 guru ngaji di Kulonprogo mendapat insentif honor dari Kemenag Kulonprogo. Insentif sebesar Rp2,5 juta itu dimaksudkan untuk menunjang kesejahteraan dan peningkatan kualitas layanan.

Guru ngaji yang mendapat insentif ini adalah mereka yang mengajar di lembaga pendidikan keagamaan. Terdapat 41 guru ngaji di tingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), enam guru di pondok pesantren, dan enam orang lagi dari madrasah diniyah takmiliyah.Insentif ini sudah dicairkan pada 2024 ini yang dalam setahun diberikan satu kali.

Advertisement

Kepala Seksi Pendidikan Agama Kemenag Kulonprogo, Latif Fuad Nurul Huda menjelaskan bahwa pendataan sudah dilakukan pihaknya sebelum memberikan insentif tersebut.

Fuad menerangkan pendataan itu dilakukan sesuai petunjuk teknis yang diterbitkan Kemenag RI melalui Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam No.591/2024. "Para guru ngaji sebelum mendapat intensif kami data dulu lalu kami melakukan pengajuan melalui Sistem Informasi Kinerja Penyediaan (SIKaP)," ujar dia, Jumat (2/8/2024).

Melalui pemberian insentif ini, jelas Fuad, Kemenag Kulonprogo berharap kualitas pendidikan yang diberikan para guru ngaji makin meningkat. "Agar jadi penyemangat bagi guru ngaji agar lebih baik dalam menjalankan tugas-tugasnya," terangnya.

Peningkatan kualitas guru ngaji di Kulonprogo, lanjut Fuad, terus diupayakan salah satunya dengan sertifikasi. Melalui program sertifikasi ini para guru ngaji mengikuti ujian dan peningkatan pemahaman agar mendapat sertifikat.

Salah satu upaya sertifikasi guru ngaji ini dilakukan di Kapanewon Nanggulan dengan pelulusan 26 ustaz.

Ketua Badko Rayon Nanggulan, Catur Budiargo menerangkan sertifikasi ini dimulai dengan pembinaan para guru ngaji.

Terdapat 31 guru ngaji di Kapanewon yang mengikuti sertifikasi, jelas Catur, tapi yang lolos 26 guru ngaji. "Kami berharap para ustaz dan guru ngaji yang sudah lolos sertifikasi ini dapat istiqomah sehingga diharapkan kualitas pendidikan Al-Qur'an di Rayon Nanggulan akan semakin meningkat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement