Advertisement

Damkarmat Bantul Gagal Buru Ular Sanca yang Makan Ayam di Piyungan Bantul, Warga Diminta Waspada

Jumali
Senin, 05 Agustus 2024 - 16:17 WIB
Maya Herawati
Damkarmat Bantul Gagal Buru Ular Sanca yang Makan Ayam di Piyungan Bantul, Warga Diminta Waspada Petugas Damkarmat Bantul saat melakukan evakuasi ular di Bangkel, Srimulyo, Piyungan, pada Senin (5/8/2024) - Dok Damkarmat BPBD Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) BPBD Bantul melakukan edukasi terkait dengam keberadaan ular sanca kepada masyarakat Bangkel, Srimulyo, Piyungan, Senin (5/8/2024). Warga diminta waspada.

Edukasi ini dilakukan menyusul gagalnya petugas dari Damkarmat BPBD Bantul mengevakuasi sebuah ular sanca yang memangsa ayam di tempat tersebut.

Advertisement

"Kami edukasi, jika sewaktu-waktu ular tersebut muncul. Kami juga minta kepada warga untuk menghubungi kami di 0274-6462100 atau melalui call center 112, jika sekiranya menemukan ular tersebut," kata Kepala Damkarmat BPBD Bantul, Irawan Kurnianto, Senin (5/8/2024) siang.

Menurut Irawan, pihaknya awalnya mendapatkan laporan dari M Rifai, warga Bangkel, Srimulyo, Piyungan, Bantul pada pukul 09.30 WIB. Awalnya Rifai mendapati seekor ular sanca yang sedang memangsa seekor ayam saat dirinya membuang sampah.

BACA JUGA: Sultan HB X Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Kekeringan di DIY hingga 31 Agustus

"Kemudian, yang bersangkutan melaporkan kejadian tersebut ke kami. Enam petugas pun kami turunkan untuk melakukan evakuasi," terang Irawan.

Hanya saja, saat petugas datang, lanjut Irawan, petugas mendapati ular tersebut telah masuk ke lubang sehingga sulit untuk dievakuasi. "Lubangnya tidak bisa dibongkar, sehingga pencarian ular tidak bisa dilanjutkan," ucap Irawan.

Irawan mengungkapkan, berdasarkan data yang ada di tempatnya, pada Juni 2024, petugas Damkarmat Bantul telah melakukan penyelamatan ular sebanyak 35 titik. Selain itu, ada penyematan sarang tawon sebanyak 16 titik, kucing sebanyak 7 titik, biawak ada 5 titik. "Lain-lain ada 1 titik," ucap Irawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement