Advertisement

Muncul Hoaks Panggilan Seleksi PT KAI, Daop 6 Minta Masyarakat Mewaspadainya

Abdul Hamied Razak
Selasa, 13 Agustus 2024 - 23:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Muncul Hoaks Panggilan Seleksi PT KAI, Daop 6 Minta Masyarakat Mewaspadainya Kereta Api Joglosemarkerto - ist - jadwalkereta.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berbagai modus penipuan berkedok rekrutmen pegawai PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) masih marak terjadi. Daerah Operasi 6 Yogyakarta pun mengingatkan agar masyarakat mewaspadainya.

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta
Krisbiyantoro mengimbau afas masyarakat mewaspadai maraknya rekrutmen atau lowongan kerja mengatasnamakan PT KAI. Pasalnya belum lama ini muncul hoaks terkait rekrutmen KAI di Jakarta.

Advertisement

"Ada surat palsu terkait panggilan seleksi menjadi calon karyawan KAI yang beredar pada 10 Agustus 2024. KAI dengan tegas mengatakan bahwa surat tersebut palsu dan bukan surat panggilan resmi perusahaan," kata dia, Selasa (13/8/2024)

BACA JUGA: Daop 6 Jogja Bakal Tutup Enam Pelintasan Sebidang di 2024, Ini Lokasinya

Krisbiyantoro menuturkan bahwa saat ini Daop 6 Yogyakarta memang sedang menggelar tes psikologi untuk peserta rekrutmen eksternal tingkat SLTA, D3 dan D4/S1 Tahun 2024 di Yogyakarta mulai 12 sampai 14 Agustus 2024.

Adapun jumlah peserta yang tercatat mengikuti tes di Yogyakarta pada periode tersebut tercatat lebih dari 1.000 orang.

Bersamaan momen penerimaan itu, dia mengimbau masyarakat lebih teliti dan kritis jika mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen ataupun undangan melakukan seleksi dengan persyaratan tambahan seperti penyediaan akomodasi dan transportasi.

Ia menegaskan KAI tidak pernah membuat surat undangan rekrutmen yang mengharuskan peserta menggunakan hotel dan transportasi tertentu yang telah disediakan.

BACA JUGA: Daop 6 Siap Fasilitasi Study Tour dengan Kereta Api, Ini Syaratnya

"Rekrutmen KAI tidak menggunakan sistem 'refund', tidak bekerja sama dengan agen travel atau transportasi atau penggantian biaya transportasi maupun akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan rekrutmen," kata dia.

Semua informasi rekrutmen KAI, ujar Krisbiyantoro, sepenuhnya menggunakan laman resmi dengan alamat e-recruitment.kai.id dan media sosial $resmi perusahaan @keretaapikita atau @kai121.

Apabila masyarakat menemukan informasi rekrutmen yang bukan dari sumber resmi tersebut, dia meminta masyarakat mengabaikannya.

Krisbiyantoro memastikan rekrutmen KAI juga tidak dipungut biaya apapun dan KAI telah menerapkan ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan. "Mohon untuk mengabaikan pihak atau oknum yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengamanan Pilkada 2024, Ini Strategi yang Disiapkan Polri

News
| Selasa, 10 September 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement