Advertisement

Partai Politik di Kulonprogo Terus Mencari Sosok Pengganti Akhmad Basuki untuk Pilkada 2024

Lugas Subarkah
Senin, 19 Agustus 2024 - 17:27 WIB
Maya Herawati
Partai Politik di Kulonprogo Terus Mencari Sosok Pengganti Akhmad Basuki untuk Pilkada 2024 Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Meninggalnya Akhmad Basuki membuat sejumlah partai politik yang semula mengusungnya saat ini masih menimbang sosok alternatif untuk menggantikannya. Golkar juga masih menunggu hasil survei dan rekomendasi.

Sekretaris DPD Golkar Kulonprogo, Djuwardi, menjelaskan hingga saat ini pihaknya masih mendiskusikan sosok yang akan diusung dalam Pilkada Kulonprogo. “Sedang kami godok ulang,” ujarnya, Senin (19/8/2024).

Advertisement

Golkar sebelumnya diketahui belum mengusulkan nama yang akan diusung dalam Pilkada Kulonprogo karena masih menunggu hasil survei. Namun Akhmad Basuki sebagai kader Golkar menjadi salah satu yang cukup diperhitungkan.

Akhmad Basuki juga telah mengikuti survei DPD Golkar Kulonprogo, dengan Tingkat elektabilitas dan popularitas cukup tinggi. Survei tersebut sudah masuk tahap tiga yakni skenario berpasangan. “Besuk tanggal 20 baru dirilis [hasil survei],” ungkapnya.

Ketua Bappilu Golkar DIY, John S Keban, mengatakan Golkar juga masih menunggu rekomendasi, yang diperkirakan akan turun pada Sabtu (24/8/2024) mendatang.

BACA JUGA: Harga Komoditas Pangan di Sleman Saat Kemaru, Dinas Beberkan Penyebabnya

“Surat rekomendasi itu bisa turun sebelum tanggal 27, paling lama 24 sudah turun karena persiapan semua akan maju ke KPU tanggal 27,” kata dia.

Namun dengan adanya munas Golkar pada Selasa (20/8/2024), menurutnya juga bisa saja rekomendasi tersebut sedikit mundur dari yang direncanakan. “Ya pasti lah dengan yang sudah mengganti, kami kan ganti orang ini, butuh komunikasi lagi,” katanya.

Sekretaris DPC PKB Kulonprogo, Fitroh Nurwijoyo Legowo, mengatakan pasca meninggalnya Akhmad Basuki, pihaknya sudah menggelar rapat dengan tim 9.

Ia belum membuka siapa nama yang akan diusung, namun menurutnya kemungkinan PKB hanya akan mengusulkan calon wakil bupati. “Sedang menjajagi kemungkinan-kemungkinan. Sepertinya akan kami ambil posisi wakil saja,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Dukung Penambahan 2 Anggota DK PBB dari Afrika

News
| Jum'at, 13 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement