Advertisement

Disbud Jogja Kukuhkan Kontingen Kompetisi Bahasa-Sastra DIY 2024 & Wisuda Pawiyatan Panatacara

Media Digital
Jum'at, 23 Agustus 2024 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Disbud Jogja Kukuhkan Kontingen Kompetisi Bahasa-Sastra DIY 2024 & Wisuda Pawiyatan Panatacara Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Jogja Yunianto Dwi Sutono (kiri) mengukuhkan anggota Kontingen Kota Jogja pada Kompetisi Bahasa dan Sastra DIY 2024 dan wisudawan pawiyatan panatacara di Prambanan Ballroom Hotel Cavinton, Ngampilan, Kota Jogja, Jumat (23/8/2028). - Yosef Leon

Advertisement

JOGJA—Sebanyak 45 orang anggota Kontingen Kota Jogja pada Kompetisi Bahasa dan Sastra DIY 2024 dan 20 orang wisudawan pawiyatan panatacara hadir berbusana gagrak Ngayogyakarta di Prambanan Ballroom Hotel Cavinton, Ngampilan, Kota Jogja, Jumat (23/8/2028). 

Narasi pengukuhan dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Jogja, Yunianto Dwi Sutono dalam Bahasa Jawa.

Advertisement

Yunianto mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut menjaga dan melestarikan kekayaan budaya tradisional. "Jadikan kegiatan ini sebagai bagian untuk pengembangan, pelestarian, dan pemanfaatan bahasa serta sastra Jawa bersama seluruh masyarakat Kota Jogja. Mari terus lestarikan dan kembangkan panatacara tradisional yang merupakan bagian integral dari budaya Jogja," jelasnya. 

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Jogja, Yetti Martanti menjelaskan kompetisi Bahasa dan Sastra 2024 digelar untuk tujuh jenis lomba, yakni Maca Cerkak, Maca Geguritan, Macapat, Alih Aksara, Sesorah, Panatacara dan Mendongeng, dengan 15 jenis kategori. Semua jenis lomba itu terbagi dalam jenjang anak, remaja dan dewasa. "Diikuti oleh 392 orang peserta berasal dari 14 kemantren se-Kota Jogja," katanya. 

Penyelenggaraan kompetisi Bahasa dan Sastra tingkat Kota Jogja telah selesai dilaksanakan pada 16-18 Juli 2024 di Taman Budaya Embung Giwangan.

Tiga peserta terbaik dari 15 jenis lomba menjadi kontingen Kota Jogja untuk mengikuti kompetisi di tingkat DIY pada 27-29 Agustus 2024.

Begitu pula telah dilakukan pelatihan intensif untuk seluruh anggota kontingen yang berjumlah 45 orang. Dipandu oleh 15 instruktur yang kompeten di bidang bahasa, sastra dan aksara Jawa.  "Adapun Pawiyatan Panatacara telah dilaksanakan pada 24 April-7 Agustus 2024 setiap Rabu malam jam 19.00-21.00 WIB, selama 16 kali pertemuan di Taman Budaya Embung Giwangan, diikuti oleh 20 orang peserta warga Kota Jogja dengan instruktur dari Paguyuban Panatacara Kota Jogja dan Paguyuban Panatacara DIY.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ramai Soal Akun Fufufafa, Sufmi: Prabowo Tak Pernah Mempersoalkan

News
| Kamis, 12 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement