Advertisement

Polres Kulonprogo Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada, PJ Bupati Minta Langkah Proaktif

Triyo Handoko
Senin, 26 Agustus 2024 - 17:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Polres Kulonprogo Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada, PJ Bupati Minta Langkah Proaktif Suasana apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Progo 2024 pada Senin (26/8 - 2024) yang diselenggarakan Polres Kulonprogo.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Polres Kulonprogo menyelenggarakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Progo 2024 pada Senin (26/8/2024). Kegiatan ini untuk memaksimalkan pengamanan Pilkada di Bumi Binangun yang dihadiri berbagai pejabat tinggi lembaga pemerintah.

BACA JUGA: Anies Baswedan Batal Diumumkan Sebagai Cagub Jakarta oleh PDIP Siang Ini

Advertisement

Kapolres Kulonprogo AKBP, Wilson Bugner menjelaskan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan pengecekan akhir terhadap kesiapan personel, kelengkapan sarana, dan prasarana.

“Apel ini sekaligus menjadi pencanangan kesiapan kita dalam menghadapi Pilkada 2024 yang akan dilaksanakan secara serentak di Kulonprogo," katanya.

Wilson menyebut perlu ada sinergi dalam pengamanan Pilkada Kulonprogo. Polres Kulonprogo berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menjaga kelancaran pesta demokrasi itu, antara lain dengan TNI, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya.

"Kami bersiaga terhadap potensi kerawanan di setiap tahapan Pilkada, terutama pada masa kampanye, masa tenang, hari pemungutan suara, serta tahapan penghitungan suara,” paparnya.

Gelaran Pilkada, jelas Wilson, sering diwarnai dengan berbagai tantangan dan potensi kerawanan, seperti situasi politik yang berkembang, perbedaan aspirasi, serta latar belakang masyarakat yang beragam.

"Oleh karena itu, semua pihak yang terlibat dalam pengamanan Pilkada harus selalu waspada dan mencermati setiap potensi kerawanan di lapangan," jelasnya.

Pengamanan Pilkada ini juga akan dilakukan sesuai aturan dan standar yang ada, lanjut Wilson,  menjamin keselamatan personel kepolisian.

"Pimpinan di setiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing, lakukan pengaturan jadwal pengamanan, sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi yang prima," tuturnya.

Sementara itu Penjabat Bupati Kulonprogo, Srie Nurkyatsiwi  menyampaikan bahwa strategi utama dalam menjaga keamanan Pilkada adalah dengan memastikan koordinasi yang baik antara semua pihak, termasuk Bawaslu, KPU, partai politik, media massa, dan tokoh masyarakat.

“Kita harus mengedepankan langkah-langkah proaktif dan preventif sehingga potensi kerawanan dapat diantisipasi sejak dini,” ungkapnya.

Sinergitas dan soliditas antar seluruh stakeholder, sambung Siwi, diperlukan untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kulonprogo. "Setiap stakeholder harus memahami dan menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik, agar Pilkada dapat berlangsung dengan aman dan damai," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement