Advertisement

Puluhan Rider Vespa Jogja Rayakan HUT RI dengan Touring ke Baubau, Begini Cerita Serunya

Yosef Leon
Selasa, 27 Agustus 2024 - 22:37 WIB
Arief Junianto
Puluhan Rider Vespa Jogja Rayakan HUT RI dengan Touring ke Baubau, Begini Cerita Serunya Suasana touring bertajuk independence ride to Baubau yang dilaksanakan sejumlah rider asal Jogja guna merayakan HUT RI ke 79 beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan rider atau pengendara yang touring menunggangi Vespa dari Jogja menuju Baubau, Sulawesi Tenggara dalam rangka menyemarakkan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI pada awal Agustus lalu kini telah kembali ke Jogja. 

Selama 20 hari mereka menempuh rute kurang lebih 2.500 km dan tiba di Jogja pada Senin (26/8/2024) di Imah Kopi, Umbulharjo lokasi titik start mereka pertama kali. Banyak sekali cerita menarik selama di perjalanan yang dialami para rider. 

Advertisement

Salah satunya M Yuniar yang mengendarai vespa jenis Bajaj keluaran 1979. Sewaktu pertama kali berangkat motor yang dikendarainya itu mogok di kawasan Janti, sementara mobil yang membawa perlengkapan dan peralatan sudah melaju jauh. "Sempat juga terpisah dari rombongan dan saya mesti didorong sampai Kertasura oleh teman saya," jelasnya. 

Yuniar yang akrab disapa U'un itu mengaku ini merupakan perjalanan pertamanya dengan durasi dan jarak tempuh yang cukup jauh. Menurutnya banyak pengalaman menarik dan berharga yang ditemuinya selama di perjalanan. "Mulai dari pemandangan alam yang indah, warga sekitar yang ramah dan baik hati serta pengalaman mencicipi kuliner yang enak," jelasnya. 

Direktur PT. RFS yang menaungi Imah Kopi Nana A Hanafi mengatakan, para peserta yang berjumlah kurang lebih 20 orang itu berangkat dari Jogja pada 5 Agustus lalu. Baubau dipilih lantaran wilayah itu merupakan satu kerajaan di nusantara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain, sehingga dinilai cocok untuk merayakan kemerdekaan. 

"Kami menempuh rute Jogja, Surabaya, Makassar, Toraja, Kolaka Utara, Kolaka, Kendari, Pulau Buton dan Baubau. Di lokasi tersebut kami merayakan HUT Kemerdekaan RI dengan upacara bendera bersama pemerintah setempat," jelasnya. 

Kreatif Manajer Globalklik Star Munte salah satu yang mendukung kegiatan ini menyebut, berbagai komunitas motor di sana sangat menyambut baik dan agenda itu mendapatkan eksposur yang sangat baik di sosial media lewat. Ke depan pihaknya berencana untuk menggelar touring kembali ke sebelah barat Indonesia. 

"Rencana menuju Aceh dengan tema eksplorasi kopi nusantara, bukan sekadar touring tapi juga belajar sejarah dan nilai budaya karena budaya dan sejarah kopi itu sangat panjang di Indonesia dan kami harapkan bisa jadi series," pungkasnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement