Advertisement

Afnan-Singgih Resmi Mendaftar ke KPU sebagai Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja

Alfi Annisa Karin
Rabu, 28 Agustus 2024 - 13:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Afnan-Singgih Resmi Mendaftar ke KPU sebagai Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja Prosesi pendaftaran pasangan Afnan-Singgih ke KPU Kota Jogja sebagai bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja, Rabu (28/8/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja Afnan Hadikusumo dan Singgih Raharjo di Pilkada Jogja mendatangi Kantor KPU Kota Jogja, Rabu (28/8/2024).

Keduanya datang ke KPU untuk melakukan pendaftaran sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja. Ratusan orang turut mengantarkan kedatangan Afnan-Singgih ke Kantor KPU Kota Jogja. Bahkan ada juga iring-iringan pawai dan bergada lengkap dengan banner bertuliskan dukungan untuk pasangan Afnan-Singgih.

Advertisement

BACA JUGA: Terima Tantangan Jokowi di Pilkada Jakarta, Pramono Bakal Turun ke 12 Titik Setiap Hari

Suasana Kantor KPU Kota Jogja disulap bak lokasi pernikahan khas Jawa. Ada berbagai properti dari janur yang dipasang di pintu gerbang KPU. Kedatangan Afnan-Singgih juga disambut oleh jajaran KPU Kota Jogja yang juga mengenakan pakaian adat Jawa. Bakal pasangan calon yang didampingi oleh perwakilan gabungan partai politik lantas menempati tempat yang disediakan.

Ada beberapa berkas yang dibawa Afnan-Singgih yang kemudian diserahkan kepada KPU Kota Jogja. Salah satunya adalah berkas yang berisikan visi dan misi Afnan-Singgih sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja.

Perwakilan gabungan parpol yang juga Ketua DPD Golkar Kota Jogja Agus Mulyono menuturkan pihaknya sempat kesulitan dalam mengakses Sistem Informasi Pencalonan Kepala Daerah (Silon Kada). Namun, dia memastikan dokumen berkas yang lain sudah lengkap dan siap diserahkan kepada KPU.

"Berkas sampai hari ini Alhamdulillah sudah beres. Kalau ada perbaikan, minggu depan kami siap memperbaiki. Tapi, secara substansi akan kami serahkan," ungkapnya.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja Erizal menuturkan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap data dan dokumen pendaftaran paslon pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja 2024 atas nama Afnan Hadikusuko dan Singgih Raharjo. Keduanya diusulkan oleh gabungan partai politik dengan menggunakan perolehan suara sah pada pemilu tahun 2024.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan, pendaftaran dinyatakan diterima. Adapun hasil pendaftaran pasangan calon akan ada tanda terima sebagai bentuk lampiran," ungkap Erizal.

Ditemui usai melakukan pendaftaran, Afnan Hadikusumo mengatakan Kota Jogja punya wilayah yang tak terlalu luas. Di dalamnya juga terbilang sangat heterogen. Afnan mengatakan ada 3 organisasi masyarakat besar bahkan didirikan di Kota Jogja. Mulai dari organisasi Taman Siswa, Muhammadiyah, hingga Nahdlatul Ulama. Ada berbagai tantangan yang dimiliki oleh Kota Jogja. Afnan menyebut, angka kemiskinan dan pengangguran di Kota Jogja masih fluktuatif.

"Masih perlu kita perbaiki lagi. Kita buatkan lapangan kerja bagi warga yang masih pengangguran, terbuka hunian yang layak huni bagi warga masyarakat. Sarpras perlu kita tingkatkan untuk menunjang potensi Kota Jogja," kata Afnan.

Dia menuturkan setidaknya ada 3 potensi yang dimiliki Kota Jogja. Diantaranya ada potensi pendidikan. Dia nantinya akan mengarahkan dan menciptakan pendidikan unggul yang kelasnta berstandar Internasional. Lalu, ada juga potensi pariwisata. Jika terpilih, Afnan nantinya akan menjadikan pariwisata di Kota Jogja menjadi berkelas dunia. Ketiga adalah potensi budaya yang diharapkan budaya yang ada di Kota Jogja bisa dikenal di seluruh dunia. Afnan menyebut, butuh kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah.

"Masyarakat sangat dibutuhkan dukungannya, sehingga kolaborasi ini bisa berjalan baik. Maka hasilnya insya Allah sesuai visi misi yang ditetapkan. Kemenangan calon Wali Kota bukan kemenangan tim, tapi kemenangan masyarakat Kota Jogja," ungkapnya.

Sementara, bakal calon Wakil Wali Kota Jogja Singgih Raharjo mengatakan salah satu persoalan di depan mata yang benar-benar terjadi di Kota Jogja adalah persoalan sampah. Jika terpilih, dia bersama Afnan berkomitmen untuk mencari solusi atas permasalahan sampah yang terjadi di Kota Jogja.

"Kami akan menuntaskan tentang permasalahan sampah di Kota Jogja," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Truk Molen Tersangkut Jembatan Kereta Api di Jakarta Timur, Begini Penampakannya

News
| Sabtu, 14 September 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement