Advertisement

Jokowi Resmikan Revitalisasi Pasar Godean Yang Habiskan Anggaran Rp89 Miliar

Catur Dwi Janati
Rabu, 28 Agustus 2024 - 15:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Jokowi Resmikan Revitalisasi Pasar Godean Yang Habiskan Anggaran Rp89 Miliar Presiden RI, Joko Widodo serara langsung meresmikan revitalisasi Pasar Godean, Sleman pada Rabu (28/8/2024). - Istimewa / Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara langsung meresmikan revitalisasi Pasar Godean, Sleman. Terakhir direnovasi pada tahun 1994, revitalisasi Pasar Godean diguyur dana fantastis hingga Rp89 miliar. 

Membuka sambutannya, Jokowi menyinggung sejarah Pasar Godean yang dibangun 44 tahun yang lalu. "Pasar ini dibangun tahun 1980, kemudian pernah diperbaiki tahun 1994," kata Jokowi pada Rabu (28/8/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Jokowi Tunggu Kesiapan Bandara Sebelum Berkantor di IKN

Setelah 30 tahun terakhir direnovasi, Pasar Godean akhirnya direvitalisasi total. "Sekarang dibangun, direvitalisasi total dan telah selesai hari ini menelan anggaran Rp89 miliar," tandas Jokowi. 

Jokowi menambahkan bila dengan revitalisasi ini, Pasar Godean bisa menampung ribuan pedagang. "Bisa nanti ditempati kurang lebih 1.800 pedagang," ungkapnya.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun sempat bertanya langsung kepada pedagang, apakah revitalisasi yang dikerjakan bagus. Pertanyaan ini pun segera direspons para pedagang serentak.

"Sae mboten nggih pasare, pekene sae mboten," imbuhnya. 

Sesudah bertanya Jokowi pun titip kepada para pedagang untuk merawat pasar yang telah direvitalisasi. Tak hanya itu Jokowi juga mengingatkan agar para pedagang bisa melayani pembeli dengan baik dan penuh senyum. 

"Nyuwun tulung nggih dirawat, diipelihara kebersihannya. Melayani pembeli yang baik pakai senyum. Bathine sitik ora popo ning ajeg, leres mboten," tandasnya.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti menjelaskan revitalisasi Pasar Godean telah dimulai sejak 2023 dan selesai dibangun pada Juli 2024. Dengan anggaran yang tak sedikit, harapannya Pasar Godean dapat menjadi lokasi berjualan yang ramai nantinya. 

"Dengan anggaran Rp89,9 miliar tidak sedikit dan saya harapkan bu Bupati agar pasar ini terus ramai. Jangan pernah sepi, karena ini adalah tempat masyarakat berkumpul dan berdagang sehingga pasar ini tetap bermanfaat," kata Diana.

Selain itu Diana juga berpesan agar pasar yang telah direvitalisasi tidak hanya dapat dimanfaatkan namun juga dapat dirawat sebaik-baiknya. 

"Saya mohon satu hal bu Bupati, dipelihara seperti yang disampaikan pak Jokowi tadi, dipelihara agar tetap jadi pasar yang bagus, yang green yang tentunya bisa dimanfaatkan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berharap pasar yang ada bisa segera ditempati dan menimbulkan manfaat bagi para warga. 

"Semoga pasar ini setelah diresmikan nanti kita berupaya semaksimal mungkin supaya ada mobilitas masyarakat untuk belanja di Pasar Godean ini dan kita mengharap pedagang-pedagang pasar nanti terus ditempati tempat ini supaya ada aktivitas dan manfaat. Jangan sampai pasar ini mangkrak," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelabuhan di Kawasan Industri Terpadu Batang Ditarget Beroperasi Awal 2025

News
| Sabtu, 14 September 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement