Advertisement

Festival Sendratari DIY Jadi Kompetisi Prestisius bagi Seniman

Media Digital
Kamis, 05 September 2024 - 22:32 WIB
Maya Herawati
Festival Sendratari DIY Jadi Kompetisi Prestisius bagi Seniman Tangkapan layar acara Podcast Rembag Kaistimewan bertajuk Festival Sendratari DIY, Kamis (5/9 - 2024). – ist

Advertisement

JOGJA—Festival Sendratari DIY 2024 kembali digelar di Pendopo SMKI Kasihan, Bantul, Jumat (6/9) dan Sabtu (7/9/2024). Festival seni drama dan tari ini digelar dengan dukungan dana keistimewaan DIY dan menjadi salah satu kompetisi prestisius bagi para seniman.

Kepala Bidang Urusan Kebudayaan Paniradya Kaistimewan DIY Nugraha Wahyu Winarna mengatakan gelaran Festival Sendratari DIY sepenuhnya didukung dengan danais. Dukungan tersebut sudah diberikan sejak pertama kali DIY mendapatkan dana keistimewaan pada 2013 hingga 2024 ini.

Advertisement

Melalui festival ini diharapkan dapat melestarikan seni tari khususnya gagrak Jogja sekaligus mengembangkan kreativitas baru di kalangan para seniman. “Kreativitas itu bisa berkaitan dengan munculnya cerita atau kisah baru dalam pementasan untuk memperkaya cerita lokal di DIY,” katanya dalam Podcast Rembag Kaistimewan bertajuk Festival Sendratari DIY, Kamis (5/9).

Festival sendratari digelar secara berjenjang mulai dari kompetisi atau seleksi di tingkat kapanewon. Kemudian pemenang di kapanewon mengikuti seleksi di tingkat kabupaten dan kota. Kelompok yang menjadi pemenang dalam festival di kabupaten dan kota tersebut selanjutnya melaju ke level DIY.  

Juri Festival Sendratari DIY 2024 Sumaryono menegaskan Festival Sendratari merupakan ajang prestisius di kalangan seniman tari, pengrawit dan tata busana rias yang terlibat. Festival ini digelar secara serius karena melalui proses kuratorial yang panjang seperti menentukan tema batas usia peserta untuk regenerasi.

Berbagai syarat ditentukan salah satunya harus menggunakan gamelan murni tidak boleh elektrik dan beragam syarat pementasan lainnya. Festival ini menjadi laboratorium pengembangan kesenian gaya Ngayogyakarta.

Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Adat Tradisi Lembaga Budaya dan Seni (Atlas) Dinas Kebudayaan DIY Yuliana Eni Lestari Rahayu menambahkan Festival Sendratari 2024 ini telah memasuki tahun ke-54 dan tidak pernah berhenti sejak 1970-an yang pertama kali digagas tokoh legislatif dan eksekutif DIY, yaitu Kinayono dan Sudarso Pringgobroto.

Dinas Kebudayaan turut memfasilitasi festival sendratari berjenjang tersebut sejak 2009. Dalam perkembangannya festival sendratari ini diminati masyarakat. Tak hanya itu, ajang ini menjadi agenda prestisius bagi seniman ketika mampu tampil di festival sendratari.

Pemenang Festival Sendratari DIY 2023 Putra Jalu Pamungkas berterima kasih atas dukungan danais sehingga dapat digelar Festival Sendratari dan kelompoknya menjadi pemenang pada 2023.

Salah satu strategi yang digunakan dalam kompetisi tersebut adalah seluruh rangkaian pementasan tidak lepas dari tema yang ditentukan serta melakukan sejumlah inovasi. Ia sepakat bahwa festival ini termasuk kompetisi bergengsi bagi seniman karena prosesnya sangat kompleks mulai dari menyiapkan cerita hingga menyajikan pementasan yang menarik. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement