Advertisement

Dinas Kesehatan Kampanyekan Gizi Seimbang lewat Sarapan Bareng Pelajar

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 06 September 2024 - 20:07 WIB
Maya Herawati
Dinas Kesehatan Kampanyekan Gizi Seimbang lewat Sarapan Bareng Pelajar Kegiatan santap sarapan gizi seimbang di SMPN 12 Jogja, Jumat (6/9/2024) Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja mengajak pelajar SMPN 12 Jogja untuk menyantap sarapan pagi bersama, Jumat (6/9/2024).

Ratusan siswa SMPN 12 Jogja itu sarapan dengan menu yang bergizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, sayur, hingga buah. Masing-masing siswa juga turut membawa air putih.

Advertisement

Santap sarapan pagi dengan menu bergizi seimbang ini dikemas dalam kegiatan Gerakan Aksi Bergizi. Kegiatan ini juga diawali dengan senam bersama. Sementara, di akhir sesi siswa turut mendapatkan sosialiasi terkait dengan gizi dan kesehatan.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Jogja Aan Iswanti menuturkan sejatinya gerakan sarapan bergizi seimbang ini telah intensif dilakukan di Kota Jogja.

Sasarannya adalah siswa SMP dan SMA se-Kota Jogja. Namun, Aan mengatakan kegiatan ini kembali digencarkan dalam satu bulan terakhir.

BACA JUGA: Surat Edaran Zona Megathrust dari Jawa Tengah Beredar, Omzet Restoran di Gunungkidul Anjlok

“Mulai 12 Agustus sampai 12 September, Kementerian Kesehatan mencanangkan Gerakan Aksi Bergizi secara serentak. Ini sudah dilaksanakan di seluruh sekolah di Kota Jogja. Puncak acaranya hari ini,” ujar Aan saat ditemui di SMPN 12 Jogja, Jumat (6/9/2024).

Aan mengatakan, lewat kegiatan ini diharapkan dapat menekan angka stunting di Kota Jogja. Sekaligus mempersiapkan generasi emas pada 2045 mendatang.

Aan menuturkan, di era kemajuan zaman seperti saat ini terjadi perubahan perilaku dan pola hidup. Anak-anak muda cenderung lebih menyukai sesuatu yang instan dan praktis termasuk makanan.

Padahal, jika tak diimbangi dengan makanan yang bergizi seimbang tentu akan memberikan dampak yang buruk pada tubuh. Gerakan Aksi Bergizi ini merupakan langkah Dinkes Jogja untuk memastikan anak-anak tetap mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang.

“Tadi kami contohkan yang ada di kotak itu contoh gizi yang seimbang. Harapannya ini salah satu cara membuat perilaku yang baik seawal mungkin kami berikan, sehingga nanti mereka sudah biasa dengan perilaku hidup sehat ini,” katanya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Jogja Yunianto Dwi Sutono mengaku mengapresiasi Gerakan Aksi Bergizi ini. Dia mengatakan ini merupakan wujud kolaborasi antara Dinas Dikpora dengan Dinkes Jogja dalam rangka menciptakan generasi muda yang sehat. Dia berharap, gelaran ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan di sekolah-sekolah lainnya.

“Harapannya, kegiatan ini tidak hanya di SMPN 12 Jogja saja, tapi bisa dilaksanakan di seluruh Kota Jogja supaya anak-anak kita sehat dan menuju generasi emas 2045 ini menjadi anak-anak yang berkulaitas,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Akses Jalan Tol Sek 6B dan 6C di IKN Ditarget Rampung Juni 2025

News
| Senin, 16 September 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement