Advertisement

Kota Jogja Kejar Peningkatan Lama Tinggal Wisatawan Jadi 2 Hari

Alfi Annisa Karin
Sabtu, 07 September 2024 - 18:47 WIB
Sunartono
Kota Jogja Kejar Peningkatan Lama Tinggal Wisatawan Jadi 2 Hari Malioboro - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, MANTRIJERON—Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja berupaya untuk meningkatkan length of stay (LoS) atau lama tinggal wisatawan. Kepala Dispar Kota Jogja Wahyu Hendratmoko menuturkan LoS wisatawan masih stagnan di angka 1,75 hari.

"Kami masih berkutat di LoS kita yang baru mencapai 1,75 hari, belum tembus 2 hari," ujar Wahyu saat ditemui usai mengisi acara di Mantrijeron, Sabtu (7/9/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Januari hingga Juni 2024, Kota Jogja Dikunjungi Lima Juta wisatawan

Beberapa upaya dilakukan oleh Dispar untuk menambah LoS wisatawan. Berbagai atraksi dan aktivitas bagi wisatawan diadakan. Dalam waktu dekat Dispar Kota Jogja juga akan menggelar even andalannya yakni Wayang Jogja Night Carnival pada bulan Oktober mendatang. "Harapannya, LoS tidak hanya 1,75 hari. Namun, mencapai dua hari sampai tiga hari," imbuhnya.

Meski masih terus berkutat pada LoS, Wahyu menambahkan pergerakan wisatawan hingga bulan Agustus lalu telah melampaui target. Jumlahnya mencapai 7,5 juta dari target 5 juta kunjungan wisatawan selama 2024. "Kemudian rata-rata spendingnya Rp 2,2 juta," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Dispar Kota Jogja Muhammad Zandaru mengatakan sektor pariwisata di Kota Jogja sempat meredup pada bulan Juli. Ini lantaran menjadi momen selesainya libur panjang dan libur sekolah. Namun, menurutnya ini merupakan hal yang wajar. Jumlah wisatawan kembali naik pada bulan selanjutnya.

BACA JUGA : Gelaran Event Jadi Pengungkit Wisatawan Tinggal Lebih Lama

Di sisi lain, pihaknya terus berupaya untuk memecah crowd wisatawan. Ini agar wisatawan tak menumpuk di destinasi tertentu saja. "Utamanya tetap di Malioboro, karena bagian dari sumbu filosofi. Tapi, kapasitasnya kan terbatas. Maka, harus dipecah keramaiannya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement