Advertisement

Total Uang Ganti Kerugian Pengadaan Tanah Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 di Tirtoadi Mencapai Rp219 Miliar, Tertinggi Saat Ini!

Catur Dwi Janati
Rabu, 18 September 2024 - 16:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Total Uang Ganti Kerugian Pengadaan Tanah Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 di Tirtoadi Mencapai Rp219 Miliar, Tertinggi Saat Ini! Suasana pembayaran Uang Ganti Kerugian (UGK) pengadaan tanah Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 Jogja-YIA pada Rabu (18/9/2024) di Kantor Kalurahan Tirtoadi. - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah warga Tirtoadi mulai menerima pembayaran Uang Ganti Kerugian (UGK) pengadaan tanah Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 Jogja-YIA. Tak tanggung-tanggung, total anggaran yang dikucurkan untuk pengadaan tanah kali ini mencapai Rp219 Miliar. 

Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman, Hary Listantyo Prabowo menjelaskan pada pembayaran ganti rugi kali ini menyasar 103 bidang tanah terdampak Tol Jogja-Solo-YIA di Padukuhan Rajek Lor dan Rajek Ngemplak, Tirtoadi. Total ada 126 Pihak Yang Berhak (PYB) yang menerima uang ganti rugi.

Advertisement

BACA JUGA: Hore! Tol Jogja-Solo Diresmikan Jokowi, Catat Akses Pintu Keluar Masuknya

Nominal yang dikeluarkan untuk membebaskan ratusan bidang tanah terdampak tadi mencapai ratusan miliar. Proses pencairannya dilakukan selama tiga hari pada 18-20 September 2024. "Pihak Yang Berhak 126, dengan total nilai Rp219 miliar," tegas Hary ditemui di Kantor Kalurahan Tirtoadi pada Rabu (18/9/2024).

Total anggaran yang dikeluarkan dalam pembayaran ganti kerugian pengadaan tanah Tol Jogja-Solo-YIA kali ini tergolong besar menurut Hary. Biasanya dalam agenda pencairan ganti rugi, total nominal uang yang dikucurkan hanya berkisar Rp50-70 miliar. 

Hary mengklaim total anggaran uang ganti rugi yang dikeluarkan kali ini menjadi yang paling banyak di ruas Jogja-YIA saat ini. Sebelumnya pencairan ganti rugi pengadaan tanah untuk Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 Jogja-YIA pertama telah dilakukan di Sidokarto pada April lalu.

"Besar sekali, biasanya kan paling hanya Rp50 miliar, Rp70 miliar, [kali] ini luar biasa yang terbesar sampai dengan saat ini di segmen Jogja-YIA. Kalau bahasanya seperlima triliun," ungkapnya. 

Besarnya anggaran yang dikeluarkan ganti rugi di Tirtoadi tak lepas dari dari nilai bangunan dan tanah yang tinggi. "Kalau dari sisi jumlah [PYB] relatif biasa karena cuma 126, tapi mungkin karena juga ada nilai bangunan nilai tanah yang tinggi juga," tandasnya. 

Di sisi lain, Hary menjelaskan hampir sebagian besar bidang tanah yang terdampak Tol Jogja-Solo-YIA kali ini merupakan hunian.  "Iya ini kan perkampungan, daerah Rajek Lor, Rajek Ngemplak itu kan perkampungan, jadi banyak rumah yang kena," imbuhnya. 

BACA JUGA: Tarif Tol Jogja-Solo Sekitar Rp1.860 Per Kilometer atau Rp40.920 untuk Ruas Kartasura-Klaten

Meski sudah ratusan warga dijadwalkan menerima ganti rugi pekan ini masih ada beberapa warga yang belum bisa menerima ganti rugi karena pembebasan yang mengalami kendala.

"Sebenarnya masih ada sisa, jadi ada yang belum bisa dibayarkan karena kekurangan berkas. Jadi ya mungkin kalau bisa segera dilengkapi nanti bisa segera disusulkan ke Jakarta untuk pencairan," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkeu Terbitkan PMK Perpanjangan Insentif Pajak Pembelian Rumah

News
| Jum'at, 20 September 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement