Advertisement

Pilkada Bantul, Setiap Calon Kepala Daerah Dikawal 4 Personel Polres Bantul 24 Jam Penuh

Jumali
Jum'at, 20 September 2024 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Pilkada Bantul, Setiap Calon Kepala Daerah Dikawal 4 Personel Polres Bantul 24 Jam Penuh Polres Bantul. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul menyiapkan sebanyak 24 personelnya untuk dijadikan pengawal calon kepala daerah pada Pilkada Bantul 2024. Setiap calon, baik bupati maupun wakil akan mendapatkan pengawalan melekat selama 24 jam oleh empat personel seusai ditetapkan oleh KPU Bantul pada 22 September 2024 mendatang sampai terpilihnya kepala daerah.

Kapolres Bantul, AKBP Michael R. Risakotta mengatakan, pihak Polres Bantul telah mempersiapkan personel yang ditugaskan untuk melakukan pengawalan selama dua bulan sebelum penetapan calon. Mereka yang bertugas sebelumnya telah melalui sejumlah rangkaian tes, baik jasmani, rohani dan psikologi.

Advertisement

“Setelah terpilih mereka kami latih ketrampilan dalam hal pengamanan dan pengawalan. Termasuk dalam hal kemahiran dalam beladiri maupun menembak. Kami siapkan 29 personel dan yang digunakan 24 personel. Jadi masing-masing calon ada empat personel yang akan menjaga dan mereka akan bekerja secara shif,” kata Michael ditemui di Pendopo Parasamya Pemkab Bantul, Jumat (20/9/2024) siang.

Kepala Divisi Teknis KPU Bantul Metri Widodo mengatakan penetapan calon akan dilakukan pada Minggu (22/9/2024) pukul 13.00 WIB. Hal ini mengacu kepada surat dinas nomor 129 tentang pedoman teknis untuk pencalonan termasuk penetapan dan pengundian nomor urut.

“Penetapan sendiri akan berlangsung tertutup. Dan kami tadi sudah dikonfirmasi oleh kepolisian. Sebab, pada jam 3 nantinya, polisi akan mengunjungi semua paslon untuk melakukan pengamanan (pam) melekat. Di mana satu calon akan didampingi 4 personel kepolisian selama 24 jam,” kata Mestri.

BACA JUGA: KPU Bantul Tawarkan Dua Opsi soal Batasan Dana Kampanye Pilkada 2024

Menurut Mestri keberadaan dari empat personel kepolisian yang akan menjaga setiap calon adalah hal yang wajib. Sebab, sudah menjadi hasil dari ketetapan KPU dan Polri. “Sehingga itu harus kemudian tindak lanjutnya harus dikawal oleh polisi sampai dengan terpilih. Jadi kampanye pun, personel pengawalan juga akan ikut. Katrena kan kampanye juga rawan ya,” kata Mestri.

Bakal calon bupati Bantul yang juga bupati petahana, Abdul Halim Muslih mengatakan, mulai 23 September 2024, dirinya akan mulai dikawal oleh empat personel kepolisian. Personel tersebut akan mengawal melekat selama 24 jam dan ikut kegiatan dari Abdul Halim Muslih, begitu pun saat kampanye.

“Saya nanti dibawah pengawasan dan pengawalan polisi dan ini perintah dari undang-undang. Selama dua bulan ada beberapa polisi yang menempel saya dan akan mengikuti saya untuk melakukan kegiatan-kegiatan,” kata Halim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ingin Rumah Sakit Curangi Dana BPJS Didenda 300 Persen dari Kerugian

News
| Jum'at, 20 September 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement