Advertisement

Brace Hokky Bawa PSS Sleman Meraih Kemenangan Pertama

Catur Dwi Janati
Jum'at, 20 September 2024 - 20:57 WIB
Maya Herawati
Brace Hokky Bawa PSS Sleman Meraih Kemenangan Pertama Suasana pertandingan PSS Sleman melawan Arema FC di Stadion Manahan Solo pada Jumat (20/9/2024). - Istimewa // PSS Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Satu gol Phil Ofusu-Ayeh dan brace dari Hokky Caraka berhasil membawa PSS Sleman meraih kemenangan pertamanya di BRI Liga1-2024/2025. Bermain rapat sejak awal laga, PSS yang beberapa kali mencuri serangan balik berhasil mencetak gol dan membawa tiga poin pertamanya ke Bumi Sembada.

Pelatih Kepala PSS Sleman, Wagner Lopes mengaku sangat bahagia atas kemenangan ini. Menurutnya, kemenangan ini adalah buah dari kerja keras para pemainnya.

Advertisement

"Saya sangat bahagia bisa menang derbi ini. Saya ucapkan selamat buat pemain. Jadi kerja keras kita, kita sama pemain sudah latihan luar biasa, kita hari ini benar-benar bisa dapat kemenangan pertama," kata Lopes seusai laga, Jumat (20/9/2024).

Lopes juga memuji lini bertahan PSS yang tampil cemerlang dan mampu memainkan strategi pertahanan yang baik. Strategi bertahan ini disebut Lopes telah dilatih terus menerus dalam latihan.

"Bertahan kami main dengan baik. Kami sudah latihan itu terus supaya mereka mengerti bagaimana kita main. Untuk sekarang mereka sudah mengerti dan mereka sudah bisa atasi sama lawan untuk bisa juga memberikan yang terbaik untuk kemenangan hari ini," katanya.  

Soal Brace dari penyerang mudanya, Lopes mengucapkan selamat kepada Hokky Caraka yang telah membantu timnya meraih kemenangan.  "Selamat buat Hokky mencetak dua gol untuk timnya," ungkapnya.

Sementara itu dari kubu lawan, Pelatih Arema FC, Joel Cornelli menyinggung soal permainan tiga bek tengah yang diperagakan PSS dalam laga ini. Strategi bertahan ini disebut Joel cukup menyulitkan anak asuhnya untuk mencetak gol.

"Jadi Sleman itu pakai tiga [bek] di belakang jadi agak sulit. Jadi pas arema sudah bagus, [musuh] dapat gol," ujarnya.

"Jadi sulit, karena mereka agak bertahan, karena dua pertandingan lalu mereka selalu bertahan untuk transisi dari situ. Arema sudah [sempat] cetak gol terus sudah mulai siap lagi, [lawan] dapat gol ketiga, jadi agak sulit sampai terakhir."

BACA JUGA: KPK Ingin Rumah Sakit Curangi Dana BPJS Didenda 300 Persen dari Kerugian

PSS memang mengawali laga dengan bermain bertahan, di tengah gempuran para pemain Singo Edan, pasukan Super Elja sesekali melancarkan serangan balik.

Hasilnya pada menit ke-23 akselerasi Phil dari sisi kiri pertahanan Arema berhasil berbuah gol. Phil yang menerima umpan lambung dari Kevin berhasil melewati dua pemain Arema sebelum menjebloskan bola ke gawang Singo Edan. Skor 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Seusai aksi memukau Phil di sisi kiri pertahanan Arema, di menit ke-39 giliran Hokky Caraka dari depan kotak penalti lawan yang mencatatkan namanya di papan skor.

Pemain Timnas Indonesia itu menciptakan gol spektakuler lewat tendangan voli yang dilepaskannya sembari memutar badan. Tak pelak bola tendangan Hokky tak mampu dihalau kiper Arema. Skor 2-0 untuk PSS bertahan hingga turun minum.

Seolah tak ingin jauh tertinggal, di babak kedua langsung tancap gas membangun serangan. Buntutnya pada menit ke-53 penyerang Arema, Charles Lokolingoy berhasil memperkecil ketertinggalan dari tendangan penalti. Skor selanjutnya berubah menjadi 2-1.

Sayangnya upaya Arema untuk mengejar ketertinggalan langsung dibalas lewat gol kedua oleh Hokky Caraka. Pemain asal Ponjong, Gunungkidul itu berhasil lepas dari penjagaan pemain bertahan Singo Edan dan menerima umpan dari gelandang PSS, Chang Jin Moon dengan sundulan kepala terukur.

Tak ke atas atau melambung, Hokky mengarahkan bola tepat ke sisi kanan kiper Arema. Tandukannya membuat bola seolah terpelintir mengenai bagian dalam tiang gawang dan berujung gol. Skor 3-1 bertahan hingga akhir.

Dengan kemenangan ini PSS berhasil naik satu peringkat dari posisi ke-18 klasemen menuju posisi ke-17 dengan torehan dua poin hasil dua kali imbang dan satu kali menang.

Kemenangan ini juga membawa PSS mentas dari poin minus yang sebelumnya diterima akibat sanksi. Sementara kekalahan ini membuat Arema tertahan di posisi ke-12 klasemen dengan torehan enam poin hasil satu kali menang dan tiga kali imbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ingin Rumah Sakit Curangi Dana BPJS Didenda 300 Persen dari Kerugian

News
| Jum'at, 20 September 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement