Advertisement

KA Taksaka Tabrak Truk Molen Akibat Kelalaian Sopir, Masyarakat Diimbau Taati Aturan di Pelintasan Sebidang

Jumali
Rabu, 25 September 2024 - 11:07 WIB
Sunartono
KA Taksaka Tabrak Truk Molen Akibat Kelalaian Sopir, Masyarakat Diimbau Taati Aturan di Pelintasan Sebidang Polres Bantul mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu menaati aturan di pelintasan sebidang. Hal ini menyusul adanya peristiwaKereta Api Taksaka relasi Stasiun Gambir - Yogyakarta tertemper truk molen di pelintasan sebidang kawasan Sedayu, Rabu (25/9/2024) pukul 03.52 WIB. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu menaati aturan di pelintasan sebidang. 

Hal ini menyusul adanya peristiwa Kereta Api Taksaka relasi Stasiun Gambir - Yogyakarta tertemper truk molen di pelintasan sebidang kawasan Sedayu, Rabu (25/9/2024) pukul 03.52 WIB.

Advertisement

"Apabila ada kereta hendak lewat dan ada sirine/ isyarat atau palang pintu mulai menutup, diharapkan para pengguna jalan sudah berhenti dan tidak justru menerobos," kata Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Widnyana dalam keterangan tertulis, Rabu (25/9/2024).

BACA JUGA : Satu Orang Meninggal Dunia Akibat Mobil Tabrak Pohon di Gunungkidul Pagi Ini

Jeffry mengungkapkan, atas kejadian tersebut, saat ini sopir telah diamankan oleh Polsek Sedayu dan bersama pihak KAI akan melanjutkan ke proses hukum.  Selain mematuhi rambu-rambu, juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat akan menyeberangi pelintasan sebidang jalan raya dengan jalur kereta api.

"Ingat, untuk berhenti sejenak, tengok kiri dan kanan, bila aman silakan jalan," ucapnya.

Kereta Api Taksaka relasi Stasiun Gambir - Yogyakarta tertemper truk di pelintasan sebidang kawasan Sedayu. Tepatnya pada JPL 714, KM 531+000 jalur hulu antara Stasiun Sentolo-Rewulu. Peristiwa ini terjadi Rabu (25/9/2024) pukul 03.52 WIB.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Krisbiyantoro menjelaskan kejadian bermula ketika sopir truk tidak mengindahkan sirene atau isyarat kereta api. Akibatnya, truk terjebak dan terjadi temperan. Dalam penanganannya Daop 6 melakukan tindakan cepat untuk memastikan kondisi penumpang.

BACA JUGA : Pemulung Lansia Meninggal Dunia Tertabrak Kereta Api di Demangan

"Dan melakukan evakuasi rangkaian ke stasiun terdekat agar dampak keterlambatan kereta Taksaka dan kereta lainnya dapat diperkecil dengan memastikan keselamatan terlebih dahulu," ujar Krisbiyantoro, Rabu (25/9/2024).

Dia menambahkan, kecelakaan ini mengakibatkan terganggunya perjalanan kereta api. Selain itu terjadi kerusakan pada sarana dan pra-sarana kereta api. Kerusakan diantaranya terjadi pada Lokomotif, 1 kereta Eksekutif, dan gardu PJL. Awak Sarana Perkeretaapian pun turut mengalai mengalami cidera. Krisbiyantoro memastikan tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Saat ini sopir telah diamankan oleh Polsek Sedayu, KAI akan melanjutkan ke proses hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terkait Pertemuan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dan Eko Darmanto, Polisi Periksa 17 Saksi

News
| Jum'at, 27 September 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement