Advertisement

Hari Kedua Kampanye, 3 Paslon Pilkada Jogja Gencarkan Aksi Interaksi Langsung dan Medsos

Lugas Subarkah
Kamis, 26 September 2024 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Hari Kedua Kampanye, 3 Paslon Pilkada Jogja Gencarkan Aksi Interaksi Langsung dan Medsos Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Memasuki hari kedua kampanye, ketiga paslon Pilkada Jogja menggencarkan kampanye baik secara langsung maupun lewat dunia maya. Dalam sehari para paslon bisa mengunjungi beberapa titik.

Paslon nomor urut 1, Heroe-Peno, pada Kamis (26/9/2024) menggelar sejumlah kegiatan di beberapa titik, yakni nobar PSIM vs Persipa di Posko pemenangan, Ngopi Mas Peno di Kopi Dan Pakuncen, Sosialisasi di RW 07 Pakuncen, Sosialisasi di RW 03 Suryatmajan, dan Silaturahmi dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gedongtengen di Hotel Musafira.

Advertisement

Saat dikonfirmasi, Heroe Poerwadi menjelaskan dalam kampanye ini, pihaknya mengoptimalkan seluruh media yang tersedia. “Semua media kami pakai, mulai dari komunikasi langsung dengan masyarakat, sosial media. Karena media komunikasi masyarakat saat ini bermacam-macam, lebih kompleks dan banyak,” ujarnya.

Kemudian pada papan informasi atau alat peraga kampanye (APK) juga menjadi salah satu yang dikuatkan. “Ya itu kan karena di KPU juga ada fasilitas dari KPU juga. Jadi itu bagian dari memperkenalkan diri supaya masyarakat lebih paham tentang siapa yang dipilih. Spanduk dan baliho adalah pesan umum yang kita sampaikan agar masyarakat tahu siapa kita,” katanya.

Kampanye yang sudah dimulai saat ini merupakan kampanye terbatas sehingga belum ada pembagian zona bagi masing-masing paslon, sehingga kegiatan masih bebas dilakukan di semua wilayah. “Sampai saat ini belum ada [pembagian zona]. Jadi yang mau diatur kan kampanye terbuka, tapi sampai saat ini juga belum ada informasi,” paparnya.

Sementara Paslon nomor urut 2, Hasto-Wawan, juga sudah mulai menggencarkan kampanye ke kampung-kampung. Hasto mengungkapkan karena dirinya merupakan pendatang baru bagi warga Jogja, maka kamapanye ini difokuskan pada perkenalan dan menggali permasalahan.

“Saya karena baru, belum dikenal dan perlu mengenal masyarakat di grass root, strategi saya, saya mengenalkan diri dan mengenal masyarakat. Mengenal masalah yang ada di bawah. Itu yang utama, saya mengenali masalahnya. Di kampung-kampung, di RW,” ujarnya.

Di kampung-kampung, ia bersama Wawan Harmawan berdiskusi dengan warga membahas aspirasi dan permasalahan yang dihadapi. “Harus tahu masalah riilnya. Misalnya diskusi sampah di Nitikan, langsung dengan masyarakat yang terkena dampaknya,” katanya.

Paslon ini diketahui masih sangat minim papan informasinya di jalan-jalan. Hasto mengatakan hal itu memang penting, namun lebih penting lagi interaksi langsung dengan masayrakat. “Baliho itu penting, tapi lebih penting lagi kalau saya mengenal dan dikenal langsung. Tapi nanti tetap ada baliho,” paparnya.

Di sosial media, ketiga paslon juga sudah mulai gencar mengunggah konten kampanye. Pada paslon nomor urut 3, Afnan-Singgih, mereka mengunggah konten berisi gagasan tentang penanganan isu lingkungan, ekonomi dan sosial.

“Melalui pendekatan yang berorientasi pada masyarakat, Afnan-Singgih berusaha untuk menciptakan lingkungan yang aman, sejahtera, dan berkelanjutan bagi semua warga Jogja, memastikan bahwa setiap lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dari kemajuan yang dicapai,” tulis mereka di caption konten itu.

Di akun pribadinya, Singgih Raharjo terpantau mengunggah video kegiatan bersepeda di malam hari bersama komunitas sepeda lipat. “Night Ride menikmati event Selasa Wagean di Malioboro dan memperkenalkan kuliner Pujasera Pasar Sentul bersama temen - temen @bromptonyk. Yuk larisi dan promosikan UMKM Kota Jogja, agar semakin mendunia,” tulisnya dalam caption.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Israel Lancarkan Serangan Udara di Perbatasan Suriah-Lebanon, 5 Tentara Meninggal Jadi Korban

News
| Jum'at, 27 September 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement