Advertisement

Pantau Pasar Bringharjo, Penjabat Wali Kota Jogja Klaim Harga Bahan Pokok Stabil & Pasokan Melimpah

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 27 September 2024 - 15:27 WIB
Ujang Hasanudin
Pantau Pasar Bringharjo, Penjabat Wali Kota Jogja Klaim Harga Bahan Pokok Stabil & Pasokan Melimpah Penjabat Wali Kota Jogja tengah memantau harga bawang putih dan bawang merah di Pasar Beringharjo, Jumat (27/9/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Jajaran Pemkot Jogja bersama dengan Bank Indonesia melakukan pemantauan bahan pokok di Pasar Beringharjo, Jumat (27/9/2024). Pemantauan ini guna memastikan harga dan pasokan kebutuhan pokok di pasaran.

Penjabat Wali Kota Jogja Sugeng Purwanto sempat memantau harga dan ketersediaan bahan pokok di Kios Segoro Amarto. Kios ini menjadi salah satu wujud upaya Pemkot Jogja dalam menekan angka inflasi. Harga jual pun terbilang lebih murah lantaran menggunakan harga langsung dari distributor.

Advertisement

Harga bahan pokok di Kios Segoro Amarto masih cenderung stabil. Misalnya, harga beras SPHP dibanderol dengan harga Rp 62.500, Minyakita dibanderol Rp 15.000/ liter, dan gula pasir dibanderol Rp 17.000/ kg.

“Harganya tidak ada ada selisih yang signifikan. Kios Segoro Amarto menjadi informasi harga 12 bahan pokok yang diciptakan Pemkot Jogja untuk memberikan harga standar yang masih menguntungkan semua pihak,” ujar Sugeng saat ditemui di Pasar Beringharjo, Jumat (27/9/2024).

Tak hanya memantau Kios Segoro Amarto, Sugeng juga sempat memantau harga sayuran di dalam pasar. Hasilnya, harga berbagai macam sayuran terbilang stabil. Mulai dari harga cabai rawit merah yang dibanderol Rp 30.000/ kg. Ada juga bawang putih yang dibanderol dengan harga Rp 33.000 hingga Rp 37.000/ kg. Sugeng menambahkan, secara ketersediaan, beragam bahan pokok di Kota Jogja juga melimpah.

“Yang membahagiakan seperti cabai dan bawang merah itu justru banyak juga yang suplai dari lokal Jogja. Ini pertanda bahwa kegiatan produksi di tingkat petani bagus, di tingkat pedagang harga stabil, sehingga sama-sama mendapatkan keuntungan yang wajar, tidak terjadi gejolak harga yang naik turun secara signifikan,” ungkap Sugeng.

Sementara, Pelaksana Harian Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Hermanto menyambut baik terkait dengan beberapa wilayah di sekitar Kota Jogja yang turut memberikan suplai bahan pokok. Misalnya, bawang merah yang disuplai dari Kulonprogo hingga komoditas telur ayam yang disuplai dari Sleman. Hermanto mengatakan, suplai dari dalam DIY ini bisa membuat harga bahan pokok stabil.

Di sisi lain, dia menuturkan harga yang ada di pasaran ini sesuai dengan harga bahan pokok yang rutin disurvey oleh Bank Indonesia setiap pekannya. Dia turut mengapresiasi komitmen Pemkot Jogja untuk bisa berkolaborasi dengan berbagai pihal dalam upaya menekan angka inflasi di Kota Jogja.

“Kami mengapresiasi kepada wali kota, dari Bulog, dan Polresta, tanpa kira kerja sama kita tidak bisa menjaga harga bahan pokok menjadi stabil,” tuturnya.

Salah satu pedagang bawang di Pasar Beringharjo, Endang mengaku belakangan harga bawang putih maupun merah masih stabil. Bawang putih sinco dibanderol dengan harga Rp 33.000 hingga Rp 34.000/ kg. Sedangkan untuk jenis cutting dibanderol dengan harga Rp 36.000 hingga Rp 37.000/ kg. Sementara, harga bawang merah dibanderol dengan kisaran harga Rp 15.000 hingga Rp 23.000/ kg. Meski kini harga bawang terbilang stabil, tapi ada kekhawatiran bagi Endang belakangan ini. Sebab, saat ini telah memasuki musim hujan. Ini akan berimbas pada harga bawang yang juga naik.

“Kalau musim hujan mahal, tetap naik. Biasanya bisa sampai Rp 30.000/ kg,” katanya. (Alfi Annissa Karin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

15 Orang Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Lokasi Tambang Solok, 25 Masih dalam Pencarian

News
| Jum'at, 27 September 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement