Advertisement

Promosikan WJNC, Dispar Jogja Pasang Ornamen Khas di Sepanjang Jalan Sudirman

Media Digital
Selasa, 01 Oktober 2024 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Promosikan WJNC, Dispar Jogja Pasang Ornamen Khas di Sepanjang Jalan Sudirman Salah satu ornamen khas WJNC 9 yang dipasang di sepanjang Jalan Sudirman. - Istimewa/Pemkot Jogja

Advertisement

JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja kembali menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #9 yang merupakan puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-268 Kota Jogja.

Untuk mengingatkan masyarakat terkait dengan penyelenggaraan acara, sekaligus membangun suasana WJNC, Dispar Kota Jogja turut memasang ornamen khas WJNC di sepanjang Jalan Sudirman, Kota Jogja.

Advertisement

Sekretaris Dispar Kota Jogja, Muhammad Zandaru menjelaskan pemasangan ornamen itu dilakukan untuk mempromosikan gelaran WJNC #9 yang akan digelar pada 7 Oktober mendatang.

Diharapkan masyarakat bisa turut menyaksikan secara langsung gelaran WJNC. Zandaru mengatakan sepanjang Jalan Sudirman hingga kawasan Tugu Pal Putih akan dipasang seni instalasi berbentuk Gatotkaca lengkap dengan berbagai ornamen khas WJNC.

Ada juga lampion yang dipasang di sepanjang jalan mulai dari Galeria Mall hingga kawasan Tugu Pal Putih. "Sehingga orang akan terkesan terutama pada malam hari karena lampion terlihat cantik," ujar Zandaru saat dikonfirmasi, Selasa (1/10/2024).

Dia menambahkan, WJNC #9 tahun ini mengusung tema Gatotkaca Wirajaya. WJNC juga telah masuk dalam 10 besar Karisma Event Nusantara (KEN) versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kegiatan ini menjadi pesta rakyat warga Kota Jogja. Nantinya ada pertunjukan seni dan budaya dari 14 kemantren di Kota Jogja.

Tak hanya itu, ada juga pertunjukan dari kontingen daerah lain yang tak kalah spektakuler. Zandaru mengatakan antusiasme dari wilayah lain untuk turut tampil pada kegiatan ini cukup besar.

Tampilnya kontingen dari wilayah lain ini turut menjadi pembeda dengan gelaran WJNC sebelumnya yang hanya berfokus pada penampilan dari kontingen Kota Jogja saja.

Menonton dari Youtube

Di sisi lain, Dispar Jogja juga turut mengajak warga luar kota bahkan luar negeri untuk bersama-sama menyaksikan perhelatan WJNC #9.

Zandaru mengatakan, nantinya masyarakat bisa turut menonton gelaran WJNC dari akun Youtube Dinas Pariwisata Kota Jogja. Melihat antusias pada pelaksanaan WJNC sebelumnya, Zandaru mengatakan penonton mencapai puluhan ribu orang.

"Penonton yang hadir langsung mencapai 40.000 orang, selain itu ada 30.000 orang yang menonton melalui Youtube," katanya.

WJNC #9 akan diiringi dengan berbagai rangkaian acara lainnya. Mulai dari tasyakuran di Plaza Balai Kota Jogja, Beringharjo Great Sale, Festival Sastra, Disdag Fest-Pasar Ngasem, Festival Angkringan, dan berbagai rangkaian acara lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Debat Perdana Pilkada Jakarta, Rano Karno Biasa-Biasa Saja

News
| Selasa, 01 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement