Advertisement

Pengguna KRL Jogja-Solo Melonjak 27 Persen di Triwulan Ketiga 2024, Capai Lebih 5,8 Juta Penumpang

Sunartono
Sabtu, 05 Oktober 2024 - 02:57 WIB
Sunartono
Pengguna KRL Jogja-Solo Melonjak 27 Persen di Triwulan Ketiga 2024, Capai Lebih 5,8 Juta Penumpang KRL Solo Jogja. - KAI Daop 6

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—KAI Commuter Line Yogyakarta-Palur atau populer dengan sebutan KRL Jogja-Solo mengalami tren lonjakan penumpang sekiar 27% atau di angka 5,8 juta penumpang di tri wulan ketiga 2024. Angka ini meningkat meningkat lebih dari 1,22 juta orang dibanding periode yang sama pada tahun 2024 lalu mencapai 4,62 juta orang.

Pengguna KRL Jogja-Solo mencapai 21.347 orang per hari. Angka tersebut meningkat 8% dibandingkan di periode yang sama tahun 2023 di angka 16.933 orang per hari.

Advertisement

BACA JUGA : Jadwal Terbaru KRL Jogja-Solo Sabtu 5 Oktober 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

“Peningkatan volume pengguna Commuter Line [KRL Jogja-Solo] adalah tren positif. Mengindikasikan moda transportasi publik ini telah menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan mobilisasinya,” ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus dalam rilisnya Jumat (4/10/2024).

Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Tugu Jogja mencatatkan pengguna terbanyak di angka 1.682.658 orang yang berangkat dan 1.670.725 orang yang datang. Adapun Stasiun Solo Balapan mencatat 689.732 orang yang berangkat dan 689.057 orang yang datang.

Tren pengguna KRL Jogja-Solo ini berkebalikan dengan pengguna KRL Jabodetabek. Pengguna KRL Jogja-Solo lebih dominan pada akhir pekan khususnya masyarakat yang akan berwisata baik dari Kota Jogja maupun Kota Solo dengan waktu tempuh sekitar sejam.

Tercatat rekor tertinggi pengguna KRL Jogja-Solo sebanyak 41.535 orang yaitu pada masa angkutan lebaran 2024. Pengguna KRL Jogja-Solo cenderung beragam, mulai dari pelaku ekonomi mikro, karyawan, pelajar dan mahasiswa, sampai pelancong pada musim libur dan akhir pekan. Kereta lokal ini sangat diminati lantaran terbukti telah menjadi moda transportasi massal dengan jarak dan waktu tempuh yang terprediksi.

BACA JUGA : Jadwal Lengkap KLR Jogja Solo Hari Ini, Jumat 4 Oktober 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan layanan Commuterline Yogya-Solo [KRL Jogja-Solo] dengan berkolaborasi bersama Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Daerah setempat. Kami mengimbau kepada seluruh pengguna untuk menjaga fasilitas stasiun dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan aksi vandalisme,” katanya.

PT KAI mengoperasikan 24 perjalanan KRL Jogja-Solo. KAI Commuter mengembangkan integrasi sistem pembayaran melalui Kartu Multi Trip (KMT). Sehingga masyarakat dapat melakukan pembayaran tiket KRL Jogja-Solo, Bus Trans Jogja, Bus Trans Jateng, dan sebagai alat transaksi dengan merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan KAI Commuter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ahli Ungkap Algoritma Medsos Batasi Penyebaran Konten Gaza Palestina

News
| Sabtu, 05 Oktober 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement