Advertisement

Pemkab Siapkan Rp1 Miliar untuk Perbaikan 3 Jembatan Bailey di Sleman

David Kurniawan
Minggu, 06 Oktober 2024 - 17:07 WIB
Sunartono
Pemkab Siapkan Rp1 Miliar untuk Perbaikan 3 Jembatan Bailey di Sleman PJs Bupati Sleman, Kusno Wibowo saat meninjau lokasi Jembatan Padasan yang menghubungkan Kapanewon Cangkringan dan Ngemplak. Foto diambil 30 September 2024. - Istimewa /Humas Pemkab Sleman.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman mencatat ada 13 jembatan bailey di Bumi Sembada mengalami kerusakan. Meski demikian belum semua bisa. Pada 2024 baru tiga jembatan yang diperbaiki. Total pagu anggaran yang disediakan mencapai Rp1 miliar.

Kepala DPUPKP Sleman, Mirza Anfansury mengatakan, upaya perbaikan infrastruktur di Kabupaten Sleman terus dilakukan. Pelaksanaan tidak hanya untuk memperbaiki jalan rusak, tapi juga menyasar ke jembatan yang rusak.

Advertisement

BACA JUGA : Percepat Pengerjaan, Pengembang Tol Jogja-Solo Seksi 2 Bangun Jembatan Bailey di Kali Bedog

Ia menjelaskan, hingga sekarang ada 13 jembatan bailey di Sleman yang kondisinya rusak. Mirza tidak menampik keberadaan jembatan sebenarnya hanya bersifat sementara karena dibangun oleh BPBD atau BNPB untuk kegawatdaruratan.

Meski demikian, dikarena keberadaan jembatan memangkas waktu mobilitas warga, maka fungsinya menjadi seperti jembatan permanen. “Jembatan bailey itu sebenarnya besifat sementara, tapi malah jadi permanen, bahkan sampai ada yang diaspal dan untuk melintas roda empat,” kata Mirza, Minggu (6/10/2024).

Pihaknya telah melakukan identifikasi dan terdapat 13 jembatan bailey yang mengalami kerusakan. Hasil kajian, kerusakan terletak pada papan kayu yang jadi penyambung di jembatan.

Adapun untuk konstruksi yang terbuat dari baja dinilai masih kokoh sehingga aman untuk penyebarangan. Meski demikian, ia mengakui tidak semua jembatan bisa langsung diperbaiki sekaligus.

Ia mengakui yang diperbaiki tahun ini baru tiga jembatan melalui pagu anggaran di APBD Perubahan 2024. Total anggaran yang disediakan sebesar Rp1 miliar.

“Tidak lewat lelang karena tidak akan selesai. Tapi, sekarang bisa lewat e-Katalog sehingga proses lebih cepat. Tiga ini adalah Jembatan Padasan penghubung Cangkringan dan Ngemplak, terus ada di Kalasan dan satu lagi, tapi lupa lokasinya. Yang jelas ada tiga yang diperbaiki tahun ini,” katanya.

Pejabat Sementara Bupati Sleman, Kusno Wibowo mengatakan, sudah melakukan tinjauan lapangan berkaitan dengan kondisi jembatan. Salah satunya adalah Jembatan Padasan yang dinilai butuh perbaikan.

BACA JUGA : Warga Berharap Jembatan Bailey Kali Oya Bisa Dilalui Mobil

“Kalau konstruksinya tidak ada masalah, tapi di bagian papan jembatan terbuat dari kayu sudah rusak sehingga perlu diperbaiki agar lebih kokoh dan aman saat dilewati,” katanya.

Menurut dia, upaya perbaikan terus dilakukan secara berkala dengan disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang dimiliki. “Saya catat ada 13 jembatan yang rusak dan ini butuh diperbaiki,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tim SAR Evakuasi Mayat Wanita Diduga Korban Diterkam Buaya

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement