Advertisement

Percepat Pengerjaan, Pengembang Tol Jogja-Solo Seksi 2 Bangun Jembatan Bailey di Kali Bedog

Catur Dwi Janati
Senin, 01 April 2024 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Percepat Pengerjaan, Pengembang Tol Jogja-Solo Seksi 2 Bangun Jembatan Bailey di Kali Bedog Potret jembatan bailey yang dipasang untuk mempercepat penggarapan proyek Tol Jogja-Solo. - Istimewa/ PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Guna mempercepat pengangkutan material timbunan dan mobilisasi alat berat, pengembang Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman membangun jembatan bailey yang melintang di atas Sungai Bedog.

Keberadaan jembatan ini membuat waktu tempuh lalu lintas material proyek dapat diperpendek dengan target menyambung penggarapan tol di Trihanggo dan Tlogoadi. 

Advertisement

Humas PT. Adhi Karya pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2, Agung Murhandjanto menjelaskan untuk mempercepat koneksi antara ruas Trihanggo dan Tlogoadi, pengembang tol membangun jembatan bailey di atas Sungai Bedog. Sebelumnya penggarapan tol di dua titik tersebut terputus oleh adanya sungai.

"Untuk tikungan ngawen mungkin bisa dilihat, kita sudah ada jembatan bailey. Tapi itu jembatan untuk pertolongan ya, jembatan untuk dari Sungai Bedog yang dari arah barat Bedog sama timur Bedog sudah tersambung," ungkap Agung dikonfirmasi pada Senin (1/4/2024)

Jembatan ini digunakan untuk lalu lalang kendaraan proyek yang sebelumnya tidak bisa menyeberang dari satu sisi ke sisi lainnya. "Untuk wira-wiri alat," tandasnya.

Adanya jembatan ini membuat mobilisasi angkutan timbunan makin cepat. Harapannya pembukaan lahan juga bisa makin cepat seiring dengan lancarnya distribusi material timbunan ini. "Untuk mengangkut material timbunan itu. Jadi jembatan itu untuk menyambung, melompati sungai itu," ungkapnya. 

Dengan adanya jembatan ini, ditargetkan penggarapan tol di Trihanggo dan Tlogoadi dapat tersambung sebelum lebaran nanti. Pembukaan lahan sudah terlihat masif disambungan kedua area tersebut.  

"Kalau targetnya kita sudah bisa menyambung antara Trihanggo sama Tlogoadi, ini kan sudah ada jembatan bailey-nya sudah selesai jadi kita sudah secara view sudah terbuka," jelas Agung. 

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo Beroperasi Gratis untuk Mudik Lebaran 2024, Ini Ketentuan Mobil Melintas dan Pintu Keluar Masuknya

Menyambungnya pengerjaan proyek Trihanggo dengan pengerjaan di area Tlogoadi praktis membuat proyek Tol Solo-Jogja Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman sudah tersambung. Meski masih putus-putus, area penggarapan di tiga kalurahan tersebut nantinya sudah tersambung kendati belum 100 persen.

"Kalau dari tikungan Ngawen turun ke arah barat nanti sudah tersambung. Jadi at least sekarang sudah tersambung antara tiga itu, Tirtoadi, Trihanggo sama Tlogoadi sudah sambung-menyambung. Walaupun gak utuh 100 persen, tapi secara garis sudah tersambung," tegasnya.

Secara umum jembatan bailey merupakan jembatan yang disusun dari rangka baja yang kokoh berkualitas tinggi. Salah satu kelebihan yang dimiliki jembatan ini yakni sifatnya yang portabel atau mudah dipindah-pindah. Biasanya jembatan ini juga kerap dibangun pada lokasi yang bersifat darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement