Advertisement

Dua Orang Warga Jogja Dipulangkan dari Lebanon

Yosef Leon
Selasa, 08 Oktober 2024 - 15:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Dua Orang Warga Jogja Dipulangkan dari Lebanon Ilustrasi pemulangan WNI dari Lebanon. ANTARA FOTO/Lutfi Andaru

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dua orang warga Jogja telah dipulangkan ke Indonesia dari Lebanon usai terjadinya eskalasi serangan dari Israel. Mereka dipulangkan bersama puluhan Warga Negara Indonesia (WNI) lainnya yang telah tiba kemarin sore. 

Sekda DIY Beny Suharsono mengatakan, informasi yang diperoleh pihaknya ada dua orang warga Jogja yang telah dipulangkan dari Lebanon. "Kabar terakhir ada yang dari Jogja 2 orang dan sudah bertemu dengan keluarganya," kata Beny, Selasa (8/10/2024). 

Advertisement

BACA JUGA: Kemenlu Sebut 40 WNI Sudah Tiba di Tanah Air Setelah Dievakuasi dari Lebanon

Menurut Beny, dua warga Jogja itu tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Senin (7/10/2024) sore pukul 15.40 WIB. Setelahnya diantarkan ke kantor badan penghubung Pemda DIY di Jakarta. 

"Selanjutnya mereka ditransit di wisma Jogja di Jakarta setelahnya menghubungi keluarga terdekat dan jam 10 malam sudah dijemput keluarga, kebetulan ada keluarganya di Jakarta," jelas Beny. 

Adapun dua warga Jogja itu yakni Muhammad Ilham Uniluha warga Ngemplak, Sleman dan Yula Walayula warga Kraton Jogja yang keduanya merupakan laki-laki dan mahasiswa di Lebanon. 

"Sekarang sudah sama keluarga masing-masing di Jakarta. Statusnya mahasiswa dan kondisi sehat dan baik," pungkas Beny. 

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyebut sebanyak 40 orang WNI berhasil dievakuasi dengan selamat dari Lebanon usai terjadinya eskalasi serangan dari Israel. Selain 40 WNI, terdapat satu orang Warga Negara Asing (WNA) yang juga berhasil dievakuasi. 

Keseluruhan 41 orang itu telah tiba di Indonesia hari ini, Senin (7/10/2024), melalui dua penerbangan komersial. Pihak Kemlu menyebut 41 orang yang dievakuasi itu merupakan bagian dari evakuasi panjang dan kompleks melalui jalan darat dari Lebanon ke Damaskus serta Suriah ke Amman, Yordania. 

Dari 41 orang yang sudah tiba di Indonesia, 26 di antaranya adalah laki-laki dan 15 perempuan. Semuanya dalam kondisi sehat. Mereka berasal dari beberapa daerah di Indonesia, yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terkejut Hakim Protes soal Gaji, Prabowo Janjikan Remunerasi

News
| Selasa, 08 Oktober 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement