Advertisement

Tol Jogja Solo Masih Gratis, Menteri PUPR Sebut Penetapan Tarif Masih Diproses

Catur Dwi Janati
Sabtu, 12 Oktober 2024 - 19:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Tol Jogja Solo Masih Gratis, Menteri PUPR Sebut Penetapan Tarif Masih Diproses Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dalam kunjungannya ke Pameran dan Apresiasi Hari Habitat Dunia Hari Kota Dunia di UGM pada Sabtu (12/10/2024). - Harian Jogja // Catur Dwi Janati 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Usai beberapa pekan dioperasikan, Tol Jogja-Solo-YIA segmen Kartasura-Klaten hingga kini masih diberlakukan nol tarif atau gratis. Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menjelaskan penetapan tarif pada ruas tersebut saat ini masih diproses. 

Tol Jogja-Solo Seksi 1 Paket 1.1 Kartasura-Klaten diresmikan langsung Presiden RI, Joko Widodo pada Kamis (19/9/2024). Sejak dibuka, jalan bebas hambatan sepanjang 22,3 kilometer masih belum dipungut biaya bagi para pengendara  yang melintasinya.

Advertisement

BACA JUGA: Viral Tol Jogja-Solo Ruas Kartasura-Klaten Dikabarkan Sudah Berbayar, Jasamarga Tegaskan Masih Gratis

Pemberlakuan tarif disebut Basuki biasanya bakal diterapkan dalam jangka waktu beberapa pekan usai peresmian. Khusus untuk Tol Jogja-Solo-YIA ruas Kartasura-Klaten yang diresmikan sekitar tiga pekan yang lalu, progres penetapan tarifnya saat ini masih diproses.

"Kalau yang baru diresmikan biasanya dua minggu setelah diresmikan bisa bertarif, ini sedang diproses," tegas Basuki ditemui dalam kunjungannya ke Pameran dan Apresiasi Hari Habitat Dunia – Hari Kota Dunia di UGM pada Sabtu (12/10/2024).

Kebijakan nol tarif pada Tol Jogja-Solo-YIA segmen Kartasura-Klaten terpantau masih diberlakukan pada satu pekan yang lalu. Kala itu Manager Humas PT. Jasamarga Jogja-Solo (JMJ), Rachmat Jesiman mengkonfirmasi langsung akan kebijakan ini. 

Rachmat menegaskan Tol Jogja-Solo-YIA segmen Kartasura-Klaten masih belum bertarif. Pengendara yang melintas belum dipungut biaya ketika melintas di jalan bebas hambatan sepanjang 22,3 kilometer tersebut. 

"Untuk sampai saat ini masih beroperasi nol tarif ya pak. Terima kasih," kata Rachmat secara singkat melalui pesan WhatsApp pada Minggu (6/10/2024).

Sementara Staf Ahli Direksi PT. JMJ Bidang Pengadaan Tanah, Muhammad Amin sebelumnya juga menjelaskan jika nominal tarif yang akan diberlakukan pada Tol Jogja-Solo ruas Kartasura-Klaten mengikuti Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang ada. "Kalau mengikuti PPJT ya segitu [tarifnya]," jelas Amin ditemui pada Rabu (18/9/2024) di Kantor Kalurahan Tirtoadi. 

"Jadi kita ngikutin PPJT," tegasnya.

Selain itu Amin menambahkan bila ada kajian terlebih dulu yang dilakukan sebelum menentukan besaran tarif tol. Beberapa aspek menjadi pertimbangan tarif, salah satunya yakni biaya yang dikeluarkan dalam pembangunan tol. "Sudah ada kajian dari konsultan. Untuk tarif itu kan mulai dari ada biaya pembangunan," ungkapnya. 

"Itu yang jadi [beberapa] dasar acuan, jadi sudah terhitung lah," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Tangkap Mantan Caleg Sebarkan Video Asusila

News
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Wisata Kesehatan yang Tak Tertandingi di Turki

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 00:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement