Advertisement

Biaya Konstruksi Tol Jogja-Bawen Membengkak, Menteri PUPR Siapkan Solusi Tekan Biaya

Catur Dwi Janati
Sabtu, 12 Oktober 2024 - 23:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Biaya Konstruksi Tol Jogja-Bawen Membengkak, Menteri PUPR Siapkan Solusi Tekan Biaya Pembangunan jembatan elevated Tol Jogja Bawen di Selokan Mataram di sekitar Desa Margokaton, Seyegan, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Penggarapan Tol Jogja-Bawen disebut mengalami cost overrun atau pembengkakan biaya dalam proses pengerjaannya. Menghadapi situasi ini, Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono sudah menyiapkan skenario untuk menekan angka pembiayaan pembangunan Tol Jogja-Bawen. 

Sebelumnya diberitakan terjadi pembengkakan biaya sekitar 60% pada biaya konstruksi Tol Jogja-Bawen. Biaya pembangunan jalan Tol Jogja-Bawen yang semula ditaksir memakan anggaran Rp10,6 triliun, kini disebut naik menjadi Rp16 triliun lebih. 

Advertisement

BACA JUGA: Konstruksi Tol Jogja-Bawen Ruas Ambarawa-Bawen Tembus 34,09 Persen

Saat ditanya awak media apa langkah yang bisa diambil untuk menekan pembengkakan biaya tersebut, Menteri Basuki secara cepat menyinggung soal desain Tol Jogja-Bawen. Kemungkinannya, ada perubahan atau rekayasa desain untuk menekan cost overrun pada biaya konstruksi Tol Jogja-Bawen. 

"Desainnya," kata Basuki ditemui dalam kunjungannya ke Pameran dan Apresiasi Hari Habitat Dunia – Hari Kota Dunia di UGM pada Sabtu (12/10/2024).

Potensi pengubahan desain ini kemungkinan akan dilakukan lewat pengurangan tinggi material timbunan tanah. Material timbunan tanah yang semula didesain dengan tinggi tertentu berpotensi akan dibikin lebih rendah dari desain awalnya. Skenario semacam ini sebelumnya juga sempat diterapkan pada penggarapan Tol Jogja-Solo. Pengubahan desain timbunan ini dinilai cukup mampu untuk mengurangi biaya konstruksi. 

"Kayak [Tol] Jogja-Solo dulu kan timbunannya yang terlalu tinggi, terus kita turunkan timbunannya, ternyata bisa, jadi mengurangi cost itu," tegasnya. 

Dari segi pengerjaan, progres konstruksi Tol Jogja-Bawen hingga September lalu telah mencapai angka 67,06% di Seksi 1 Ruas Jogja-Simpang Susun (SS) Banyurejo dan 34,09% di Seksi 6 Ruas Ambarawa-Bawen.

Direktur Utama PT JJB, A.J Dwi Winarsa mengatakan pekerjaan konstruksi terus digenjot pada lahan-lahan telah dibebaskan. Dwi melanjutkan bila fokus pembangunan proyek Jalan Tol Jogja-Bawen saat ini berupa konstruksi Seksi 1 Ruas Jogja-SS Banyurejo sepanjang 8,80 kilometer dan di Seksi 6 Ruas Ambarawa-Bawen sepanjang 4,98 kilometer.

"Konstruksi di kedua seksi ini tengah menjadi prioritas utama dan ditargetkan selesai untuk Seksi 1 di Triwulan 2 tahun 2026 dan Seksi 6 di Triwulan 4 tahun 2025. Kedua seksi tersebut diharapkan dapat beroperasi sesuai dengan rencana," terang Dwi pada Jumat (11/10/2024).

Progres konstruksi sebesar 34,09% pada Seksi 6 Ruas Ambarawa-Bawen mencakup beberapa pengerjaan seperti penggarapan borpile hingga boks underpass. "Pekerjaan yang dilakukan di lapangan meliputi pengerjaan borpile jembatan dan pekerjaan box underpass Simpang Susun Ambarawa" ujarnya.

Sebagai gambaran, jalan Tol Jogja-Bawen nantinya akan membentang melintasi dua provinsi, Provinsi Jawa Tengah sepanjang 66,32 kilometer dan DIY sepanjang 8,80 kilometer. Secara umum proyek Tol Jogja-Bawen dibagi menjadi 6 seksi, meliputi Seksi 1 Jogja-Banyurejo 8,80 kilometer, Seksi 2 Banyurejo-Borobudur 15,20 kilometer, Seksi 3 Borobudur-Magelang 8,10 kilometer, Seksi 4 Magelang-Temanggung 16,65 kilometer, Seksi 5 Temanggung-Ambarawa 21,39 kilometer dan Seksi 6 Ambarawa-Bawen 4,98 kilometer. 

Jika telah rampung dan bisa beroperasi penuh, perjalanan antara Semarang dan Jogja dapat dilalui dengan waktu tempuh 1,5 jam dari yang semula tiga jam. Pembangunan tol ini tidak hanya akan memperlancar distribusi barang tetapi juga mendorong pengembangan industri dan pariwisata, serta meningkatkan konektivitas, terutama di wilayah selatan Pulau Jawa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Korban Ledakan Speedboat Tewaskan Cagub Maluku Utara Benny Laos

News
| Minggu, 13 Oktober 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Wisata Kesehatan yang Tak Tertandingi di Turki

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 00:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement