Advertisement

KPU Bantul Telah Terima 765.337 Lembar Surat Suara untuk Pilkada 2024

Jumali
Jum'at, 18 Oktober 2024 - 12:37 WIB
Ujang Hasanudin
KPU Bantul Telah Terima 765.337 Lembar Surat Suara untuk Pilkada 2024 Ketua KPU Bantul Joko Santosa melihat petugas menurunkan surat suara untuk Pilkada Bantul 2024 yang datang di Gudang KPU Bantul di Jalan Parangtritis, Sewon, pada Jumat (18/10/2024) pagi - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Sebanyak  765.337 lembar surat suara untuk Pilkada 2024 telah sampai di Gudang KPU Bantul di Jalan Parangtritis, Sewon, Bantul pada Jumat (18/10/2024) pagi.

Surat suara yang diangkut menggunakan satu truk boks tersebut selanjutnya akan menjalani proses sortir dan pelipatan surat suara.

Advertisement

Untuk surat suara yang rusak, KPU Kabupaten Bantul nantinya akan memintakan penggantian ke percetakan yang ada di Bogor, selaku penyedia surat suara.

Ketua KPU Kabupaten Bantul Joko Santosa mengatakan, 765.337 lembar surat suara untuk Pilkada 2024 telah tiba di gudang KPU pada pukul 07.30 WIB dengan pengawalan dari petugas kepolisian. Surat suara tersebut tersusun rapi di 384 boks yang masih disegel.

"383 boks berisi 765.337 lembar surat suara dan 1 boks berisi 2.000 lembar surat suara PSU, [Pemungutan Suara Ulang]," kata Joko, kepada Harian Jogja, Jumat (18/10/2024) pagi.

Selanjutnya, kata Joko, surat suara  masih tersegel itu akan dibuka dan dilakukan sortir dan pelipatan oleh 60 petugas, terdiri dari 50 petugas yang direkrut dari sekitar gudang KPU, dan 10 petugas disabilitas.

Pelibatan petugas dari disabilitas ini, kata Joko bukan tanpa alasan, karena KPU Bantul ingin mendorong terciptanya inklusivitas atau pengakuan atau penghargaan atas keberadaan mereka pada Pilkada kali ini.

"Kami mulai melakukan sortir surat suara pada Sabtu (19/10/2024). Ada 60 petugas sortir yang kami libatkan. Nanti jika ada yang rusak, kami akan mintakan pengganti. Makanya kami sortir lebih awal," katanya.

BACA JUGA: Bawaslu Bantul Hentikan Penanganan Kasus Truk Distribusi Bantuan Pangan Bergambar Paslon Pilkada

Menurut Joko, proses sortir dan lipat suara akan dilakukan selama 10 hari. Namun tidak menutup kemungkinan sortir dan lipat surat suara akan selesai sebelum target 10 hari. "Tergantung nanti perkembangan dari petugas. Karena ini kan ada tiga lipatan. Jadi ini sortir sekaligus dilipat," ungkapnya.

Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Bantul Mestri Widodo menambahkan, pada proses sortir dan lipat yang dimulai Sabtu (19/10/2024), pihaknya akan memastikan petugas melipat surat suara harus memiliki ketelitian terkait dengan pelipatan surat suara. Sebab, diakuinya, surat suara menggunakan kertasnya yang tipis. Sementara satu lembar surat suara yang berisi tiga paslon, berukuran 27 sentimeter x 23 sentimeter.

"Secara teknik ada tiga model lipatan nantinya. Dan, sudah ada panduannya, nanti akan kami sampaikan ke petugas," papar Mestri.

Lebih lanjut Joko mengungkapkan, surat suara yang telah dilipat selanjutnya akan disimpan di gudang KPU Bantul di Jalan Parangtritis, Sewon. Sejauh ini, kata Joko, logistik untuk tahap pertama semua sudah datang dan ada di gudang KPU Bantul.

"Logistik tahap pertama sudah datang semua. Kotak suara, bilik suara, tinta, kabel tis, sampul dan surat suara. Sekarang kami tinggal menunggu kedatangan alkap yang terdiri paku, bolpoin, spidol dan bantalan,, masih akhir bulan nanti datangnya. Saat ini sudah dalam proses pengadaan," ucap Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas Dibunuh Israel

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement