Advertisement

Progres Pembangunan Perpusda Bantul Senilai Rp9,9 Miliar Capai 72 Persen, Dispusip Optimistis Selesai tepat Waktu

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 18 Oktober 2024 - 14:37 WIB
Ujang Hasanudin
Progres Pembangunan Perpusda Bantul Senilai Rp9,9 Miliar Capai 72 Persen, Dispusip Optimistis Selesai tepat Waktu Progres pembangunan Perpusda Bantul, Kamis (17/10/2024). - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusip) Bantul terus mengebut pengerjaan Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bantul. Dispusip Bantul optimis pembangunan tersebut akan rampung tepat waktu. 

Kepala Dispusip Bantul, Sukrisna Dwi Susanta menyampaikan pembangunan Gedung Perpusda telah sesuai dengan target. Saat ini perkembangan pembangunan Gedung Perpusda Bantul telah mencapai 72%. Sukrina optimis pembangunan tersebut akan rampung sesuai kontrak. 

Advertisement

"Jadi nanti 14 November [2024], sesuai kontrak sudah selesai," katanya, Jumat (18/10/2024).

Diketahui sebelumnya, pembangunan Gedung Perpusda Bantul dimulai pada pertengahan Maret 2024 dengan masa kontrak 240 hari. Gedung tersebut dibangun dengan nilai kontrak sekitar Rp7,8 miliar, dan harga perkiraan sendiri (HPS) mencapai Rp9,9 miliar. 

Sukrisna menyampaikan, dengan progres yang ada, saat ini pekerjaan konstruksi yang tengah dilakukan yaitu pemasangan lift dan pintu otomatis di bagian depan. Kemudian pemasangan kelistrikan, keramik, pengecatan dinding, dan pemasangan ornamen di bagian tampak depan gedung. 

Menurut Sukrisna memperkirakan, pembangunan gedung akan rampung saat masa kontrak tersebut habis. Namun, beberapa pekerjaan pada tahap finishing diperkirakan masih dilakukan. Beberapa pekerjaan pada tahap finishing yang masih akan dilakukan antara lain pemasangan plafon, dan keramik. 

BACA JUGA: Dapat DAK, Bantul Bangun Perpustakaan Umum Senilai Rp10 Miliar

Sukrisna menilai hingga saat ini tidak ada kendala dalam pekerjaan konstruksi tersebut. Dia pun mengaku telah mengantisipasi molornya pekerjaan dengan perkiraan musim penghujan yang tiba pada akhir Oktober 2024. Menurutnya, pemasangan genting pada gedung tersebut telah dilakukan, sehingga apabila musim penghujan tiba tidak akan mempengaruhi pekerjaan konstruksi. 

Dia pun telah meminta pihak pelaksana untuk menambah jumlah pekerja dan jam kerja disana untuk mengoptimalkan pekerjaan konstruksi di sisa waktu yang ada. 

"Ini [pekerjaan konstruksi] sudah dikebut dengan lebur tiap malam. Kami menyarankan pelaksana menambah pekerja, dan [pekerja diberikan]  waktu lembur. [Pekerjaan konstruksi] Sabtu [dan] Minggu sampai malam hari," katanya.

Disisi lain, menurut Sukrisna, pihaknya juga tengah menginventarisir koleksi buku yang dimiliki Dispusip Bantul. Tahapan tersebut dilakukan pada September hingga Desember 2024. Nantinya, diperkirakan koleksi buku tersebut akan dipindahkan ke Gedung Perpusda Bantul tersebut pada pertengahan tahun 2025. 

“Pertengahan 2025 [koleksi buku Dispusip Bantul] baru bisa pindah. Nanti pertengahan Juni atau Juli Insyallah [Gedung Perpusda Bantul dapat ditempati],” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas Dibunuh Israel

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement