Advertisement

Ketua IHGMA DIY: Teknologi Digital Jadi Tantangan Pengembangan SDM Pariwisata

Sunartono
Sabtu, 19 Oktober 2024 - 23:37 WIB
Sunartono
Ketua IHGMA DIY: Teknologi Digital Jadi Tantangan Pengembangan SDM Pariwisata Ketua IHGMA DIY Periode 2024-2027 Iwan Ridwan Munat (tengah). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Iwan Ridwan Munajat terpilih sebagai Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD DIY periode 2024-2027 dalam kongres yang digelar di Hotel Jayakarta, Sabtu (19/10/2024) sore. Iwan yang juga GM Hotel Gallery Prawirotaman ini bertekad untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya pariwisata di tengah pesatnya perkembangan teknologi khususnya berbasis artificial intelligence (AI).

Iwan Ridwan Munajat menyatakan siap mengemban amanah memimpin organisasi IHGMA DIY dan mengajak semua anggota untuk bersama-sama memberikan kontribusi terhadap pariwisata DIY. Ia menilai saat ini pariwisata menghadapi sejumlah tantangan, di antaranya terkait sumber daya manusia (SDM). "Oleh karena itu sesuai visi misi kami terutama berupaya meningkatkan SDM pariwisata, khususnya di DIY," katanya.

Advertisement

BACA JUGA : Dispar Sleman Optimistis Target Kunjungan 7,5 Juta Wisatawan Terlampaui hingga Akhir Tahun

Ia mengatakan pesatnya teknologi digital seperti AI juga menjadi tantangan tersendiri ke depan. Mengingat banyak pihak menilai bahwa AI mampu mengganti aktivitas manusia dalam menyelesaikan pekerkaan tertentu. Oleh karena itu, IHGMA DIY, berusaha menyelaraskan antara perkembangan teknologi digital saat ini dengan upaya peningkatan SDM.

"Ke depan menjadi tantangan dengan adanya teknologi digital dengan AI. Sehingga harapan kami bisa berdampingan dengan teknologi tetapi di sisi lain kami bisa meningkatan kualitas SDM. Tantangan lagi sebenarnya terkait generasi, saat ini muncul ada generasi sandwich dan lainnya dengan karakter tersendiri, ini juga menjadi tantangan SDM," katanya.

Adapun Ketua IHGMA DIY Periode 2021-2024 Heriyadi Bain sepakat bahwa adanya tranformasi digital harus direspons secara bijak di sektor pariwisata. Upaya peningkatan SDM pariwisata harus terus dilakukan karena menjadi faktor penting di sektor tersebut.

BACA JUGA : Studi Tour Jadi Penyumbang Terbesar Kunjungan Wisata di Sleman

"Sekarang industri pariwisata sedang menggalakkan untuk sustainable tourism, bagaimana pariwisata berkelanjutan dan bertanggungjawab, supaya ekosistem ini berjalan baik, tentu SDM sangat berperan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Komitmen Merawat Lansia, PKU Jogja dan MPKS PWM DIY Bekali Relawan di Kota Jogja

News
| Minggu, 20 Oktober 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement