Advertisement

Pimpinan DPRD Bantul Definitif Periode 2024-2029 Dilantik Selasa 22 Oktober 2024

Jumali
Sabtu, 19 Oktober 2024 - 13:57 WIB
Sunartono
Pimpinan DPRD Bantul Definitif Periode 2024-2029 Dilantik Selasa 22 Oktober 2024 Gedung DPRD Bantul. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Kesekretariatan DPRD Bantul memastikan menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pelantikan Pimpinan DPRD Bantul definitif periode 2024-2029, Selasa (22/10/2024). Rapat Paripurna yang digelar di Gedung DPRD Bantul tersebut, dihelat setelah turunnya Surat Keputusan dari Gubernur DIY tentang penetapan pimpinan DPRD Bantul definitif.

"Benar, Rencana Selasa (22/10/2024) pukul 10.00 WIB untuk Rapat Paripurna Pelantikan Pimpinan Dewan. Kami sudah mendapatkan SK-nya dari Gubernur DIY kemarin," kata Sekretaris DPRD Bantul Prapta Nugraha, Sabtu (19/10/2024).

Advertisement

Berdasarkan SK tersebut, tidak ada perubahan dari pengajuan komposisi pimpinan dewan yang dilakukan oleh Sekretariat DPRD Bantul. Prapta megungkapkan, untuk posisi Ketua DPRD Bantul ditempati oleh Hanung Raharjo dari Fraksi PDI Perjuangan.

Partai berlogo banteng moncong putih itu meraih 12 kursi atau 165.118 suara. Dengan begitu, Hanung menjadi ketua DPRD Bantul tiga periode berturut-turut.

Sedangkan posisi Wakil Ketu I DPRD Bantul diduduki oleh Suradal dari Fraksi PKB. Untuk Wakil Ketua II diisi oleh Titis Ajeng Ganis Maretti dari Fraksi Gerindra, dan Agung Laksmono dari Fraksi PKS menempati posisi Wakil Ketua III DPRD Bantul.

"Proses pelantikan tidak akan jauh berbeda dengan pelantikan anggota DPRD Bantul 2024-2029 kemarin," lanjut Prapta.

Terpisah Ketua sementara DPRD Bantul Hanung Raharjo mengungkapkan, setelah mendapatkan SK dari Gubernur DIY, pihaknya telah mengumpulkan para pimpinan fraksi terkait agenda pelantikan pimpina dewan definitif.

Tidak sampai disitu, dalam rapat koordinasi dengan pimpinan fraksi tersebut juga disepakti jika usai pelantikan, maka pimpinan DPRD Bantul definitif akan bergerak cepat melengkapi alat kelengkapan DPRD Bantul, seperti Badan Kehormatan, Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Pembentukan Komisi dan sejumlah kelengkapan lainnya.

"Dan berdasarkan kesepekatan dengan para pimpinan fraksi, pelantikan pimpinan definitif dihelat Selasa (22/10/2024). Karena semua hal teknis kan juga harus dipersiapkan. Kami sendiri bertekad, akan langsung bekerja maraton melengkapi alkap yang ada," jelas Hanung.

Menurut Hanung, percepatan pembentukan alkap tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, semua anggota DPRD Bantul bersepekat agar mereka bisa langsung bergerak sesuai dengan tugas dan fungsi dari DPRD. "Untuk pelantikannya sendiri nanti pak Ketua PN Bantul yang akan melakukan pelantikan," ucap Hanung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KAI Operasikan 364 Perjalanan untuk Fasilitasi Mobilitas Masyarakat di Hari Pelantikan Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 19 Oktober 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement