Advertisement

PSS Libas Barito Putera Tiga Gol Tanpa Balas, Hokky Caraka Kembali Jadi Aktor Penting Bagi Kemenangan Super Elja

Catur Dwi Janati
Minggu, 20 Oktober 2024 - 20:47 WIB
Maya Herawati
PSS Libas Barito Putera Tiga Gol Tanpa Balas, Hokky Caraka Kembali Jadi Aktor Penting Bagi Kemenangan Super Elja Pertandingan Barito Putera melawan PSS Sleman di Stadion Sultan Agung, Minggu (20/10 - 2024). ist/PSS Sleman 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANPSS Sleman berhasil meraih kemenangan keduanya di BRI Liga 1-2024/2025 seusai menekuk Barito Putera dengan skor akhir 0-3 di Stadion Sultan Agung.

Berlaku sebagai tamu, PSS Sleman justru nyaris menguasai jalannya pertandingan yang berbuah membawa poin penuh.

Advertisement

Dalam laga pekan kedelapan ini, Pelatih Kepala PSS Sleman, Mazola Junior belum bisa memimpin dari pinggir lapangan karena terganjal administrasi yang masih berproses. Mazola nampak di bangku penonton mengawal permainan PSS Sleman. Asisten pelatih PSS, Ansyari Lubis yang bertindak memimpin pemain dari pinggir lapangan.

Menurut Ansyari hasil yang diraih PSS kali ini sangat membuat tim lebih percaya diri lagi ke depan. Dia juga mengapresiasi para pemain yang bisa menjalankan skenario yang diberikan pelatih.

"Apresiasi kepada seluruh pemain yang telah bermain begitu maksimal, begitu punya determinasi dan bisa menjalankan instruksi dari pelatih. Itu hal yang kita apresiasi dari seluruh pemain dari pertandingan ini," kata Ansyari, Minggu (20/10/2024) seusai laga.

Meski Mazola tidak bisa memimpin langsung anak asuhnya dari pinggir lapangan, kehadiran juru taktik anyar itu disebut Ansyari membawa dampak positif bagi tim.

Mazola dinilai menanamkan kepercayaan diri kepada para pemain dan meyakinkan pemain bila mereka tidak seharusnya berada di posisi saat ini.

"Yang pasti dengan kehadiran pelatih baru itu dia banyak menanamkan rasa percaya diri kita seluruh pemain, karena seharusnya dengan materi pemain yang ada kalian tidak berada di sasar klasemen," tutur Ansyari.

"Jadi itu yang membuat gairah dan motivasi seluruh pemain jadi meningkat pada pertandingan hari ini."

Harapan Ansyari kemenangan ini bukan lah awal dan tren positif ini dapat terus berlanjut nantinya. Kemenangan ini juga diharapkan bisa menjadi momentum bagi tim untuk lebih baik lagi di jajaran klasemen.

"Semoga ini juga bukan awal dari kemenangan, kalau bisa ini sampai berlanjut yang kita harapkan dari seluruh pemain dan ini dijadikan momentum untuk kita lebih bagus lagi di klasemen nantinya," katanya.

Penyerang PSS Sleman, Hokky Caraka menilai kemenangan yang diraih bisa menjadi batu loncatan untuk tim. Ia berharap PSS dapat merengkuh posisi yang lebih baik lagi di klasemen ke depannya.

"Alhamdulillah kami bisa dapat kemenangan lagi setelah kita terpuruk. Ya ini bisa menjadi batu lompatan buat ke depan, biar bisa melewati klasemen yang sangat jelek di tujuh pertandingan terakhir. Kami berharap bisa melewatinya dengan mudah ke depan," ujarnya.

Kehadiran pelatih baru disebut Hokky juga membawa dampak baik bagi tim. Secara terang-terangan Hokky mengaku ada kecocokan dengan Mazola. Pelatih anyar tersebut dianggap punya ketegasan yang membuat tim bisa meraih poin penuh dalam laga kontra Barito.

"Saya baru bergabung tiga hari sebelum tanding. Saya ada kecocokan dengan pelatih ini karena dia ada aura tegasnya jadi pelatih. Makanya para pemain enggak pada semena-mena, pada rispek pada pelatih makanya kita bisa dapat poin penuh hari ini karena kita menjalankan instruksi dari pelatih itu," katanya.

Racikan Mazola itu bisa terlihat dari gacornya Hokkya dalam laga ini. Bermain di posisi lebih ke kanan, pemuda asal Ponjong tersebut berhasil menyumbang satu gol dan satu asis dalam pertandingan ini.

Soal posisi barunya ini Hokky mengaku bisa beradaptasi lantaran sebelumnya juga pernah dijajal di posisi serupa.

"Kalau dengan posisi ini sih kemarin sama Coach Wagner pernah main di posisi yang sama cuma beberapa taktik berbeda. Makanya sudah mulai bisa menyesuaikan karena sudah pernah main di situ," katanya.

BACA JUGA:  Hujan Lebat, Bus Pariwisata Tertimpa Pohon di Tanjungsari Gunungkidul

Di Bawah Performa

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan mengucapkan selamat atas kemenangan PSS. RD merasa timnya bermain di bawah performa.  "Secara keseluruhan kita bermain sangat di bawah performa," ungkapnya.

Meski telah melakukan serangkaian uji coba dan internal game, Barito belum meraih hasil yang optimal dalam laga ini. RD menyebut permainan Barito seperti di luar perkiraan.

"Saya sangat, kami semua kecewa dan penampilan hari ini adalah penampilan di luar perkiraan," ujarnya.

Laga Barito Putera kontra PSS Sleman berakhir dengan skor 0-3 untuk tim tamu PSS Sleman. Tiga gol kemenangan PSS diciptakan oleh Hokky Caraka pada menit ke-8, Cleberson pada menit ke-13 dan Gustavo Tocantins pada menit ke-60. Barito sempat dua kali menyarangkan bola ke gawang PSS, sayang dua gol tersebut dinyatakan offside.

Dengan kemenangan ini PSS naik ke posisi ke-16 dengan raihan lima poin dari dua kali menang, dua kali imbang dan empat kali kalah. Sementara Barito kini tertahan di posisi ke-13 dengan raihan delapan poin hasil dari dua kali menang, dua kali imbang dan empat kali kalah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar 56 Wakil Menteri Kabinet Merah Putih, Lengkap dengan Wakil Kepala Staf Kepresidenan

News
| Minggu, 20 Oktober 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement