Advertisement

Musim Hujan, Pengendara di Jogja Diimbau Meningkatkan Kewaspadaan

Lugas Subarkah
Senin, 21 Oktober 2024 - 16:27 WIB
Maya Herawati
Musim Hujan, Pengendara di Jogja Diimbau Meningkatkan Kewaspadaan Hujan deras / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Wilayah Kota Jogja telah memasuki musim pehujan pada dasarian tiga Oktober ini. Pengendara di Kota Jogja pun diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan karena risiko bahaya meningkat di musim hujan.

Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja, Hary Purwanto, menjelaskan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan.

Advertisement

"Hujan disertai angin kencang yang berpotensi terjadi di Kota Jogja selain mengakibatkan jalanan licin, juga berpotensi adanya pohon tumbang di jalanan. Untuk itu perlu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," ujarnya, Senin (21/10/2024).

Ia meminta masyarakat agar mengurangi kecepatan saat berkendara, hal tersebut juga untuk meminimalisislr risiko terjadinya kecelakaan di jalan.

"Harus menyesuaikan kecepatan kendaraan sesuai dengan kondisi cuaca dan jalan. Perhatikan rambu-rambu lalu lintas, tetap berkendara dengan penuh hati-hati,” katanya.

Pengendara juga perlu menghindari genangan air agar terhindar dari aquaplaning atau suatu kondisi kendaraan hilang kendali yang disebabkan oleh genangan air. “Untuk roda dua, selalu gunakan helm serta memilih alas kaki yang tidak licin," katanya.

BACA JUGA: Menjabat Sekretaris Kabinet, Mayor Teddy Tidak Perlu Pensiun dari TNI

Beberapa titik-titik rawan di Kota Jogja ketika musim hujan diantaranya di Jalan Veteran, Jalan Gejayan, Jalan Batikan, Jalan Sukonandi, Jalan Kusumanegara, dan Kawasan Kotabaru. Jalan dan kawasan tersebut dinilai rawan karena terdapat banyak pepohonan besar.

Keselamatan pengguna jalan harus menjadi prioritas utama selama musim hujan. Untuk itu pihaknya pun terus meningkatkan pengawasan di lokasi-lokasi yang dianggap rawan tersebut.  

"Kami dari Dishub selalu memantau menggunakan kamera CCTV, kami juga akan mengerahkan petugas jika memang diperlukan," ujarnya.

Selain itu untuk menekan jumlah angka kecelakaan di jalan, Dishub Kota Jogja rutin menggelar sosialisasi keselamatan kepada masyarakat. "Kami secara rutin memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Menteri Koordinator Infrastruktur, AHY Mengendalikan Lima Kementerian

News
| Senin, 21 Oktober 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement