Advertisement

Tancap Gas! Usai Dilantik, Pimpinan DPRD Sleman Segera Bentuk Alkap dan Bahas APBD 2025

David Kurniawan
Selasa, 22 Oktober 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Tancap Gas! Usai Dilantik, Pimpinan DPRD Sleman Segera Bentuk Alkap dan Bahas APBD 2025 Gedung DPRD Sleman. - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pimpinan DPRD Sleman defintif secara resmi telah dilantik dalam sidang paripurna yang berlangsung pada Selasa (22/10/2024). Rencananya pada Rabu (23/10/2024) dilaksanakan rapat pembentukan alat kelengkapan DPRD untuk periode 2024-2029.

Ketua DPRD Sleman, Gustan Ganda mengatakan proses pengisian pimpinan definitif membutuhkan waktu karena penunjukan juga harus mendapatkan persetujuan dari DPP di masing-masing partai. Meski demikian, dia mengakui semua proses sudah dilaksanakan dan pelantikan pimpinan definitif bisa terlaksana.

Advertisement

Sebagai Ketua DPRD Sleman yang baru, dia mengaku tidak ingin berleha-leha karena agenda pembahasan di akhir tahun masih padat. Salah satunya untuk menyelesaikan pembahasan APBD 2025.

Oleh karena itu, lanjut dia, setelah pelantikan selesai, selanjutnya akan mengagendakan paripurna pembentukan alat kelengkapan dewan yang terdiri dari anggota komisi, pimpinan komisi dan badan. Diharapkan pembentukan bisa diselesaikan secepatnya dengan proses musyawarah mufakat. “Ini jadi awal yang bagus. Jadi, setelah pelantikan langsung dilakukan pembentukan alkap pada Rabu siang. Untuk pengisian, kami serahkan ke masing-masing fraksi guna menempatkan anggotanya di komisi maupun badan,” katanya.

Politikus PDI Perjuangan ini berpendapat, pembentukan alkap harus segera dilakukan karena menyangkut pembahasan Rancangan APBD 2025. “Mudah-mudahan pembentukan alkap berjalan lancar sehingga pada Kamis bisa dilaksanakan rapat badan musyawarah guna menetapkan jadwal pembahasan RAPBD 2025 hingga timeline waktu penetapannya,” kata Gustan.

Pejabat Sementara Bupati Sleman, Kusno Wibowo mengucapkan selamat kepada pimpinan definitif DPRD Sleman. Sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah, Pemkab Sleman dan DPRD harus memiliki sinergitas hubungan kemitraan yang baik dalam rangka upaya membangun dan menyejahterakan masyarakat Sleman. “Kontrol dari legislatif sangat kami harapkan agar pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan di Kabupaten Sleman tetap on the track dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat,” kata Kusno.

BACA JUGA: Sah! Empat Pimpinan Definitif DPRD Sleman Resmi Dilantik

Sekretaris DPRD Sleman, Muhammad Aji Wibowo mengatakan tugas kesekretariatan hanya memfasilitas. Adapun ketentuan pengisian pimpinan definitive maupun pembentukan alkap diserahkan sepenuhnya ke anggota DPRD.

Menurut dia, sudah dilakukan pelantikan pimpinan DPRD Sleman periode 2024-2029 dan prosesnya berjalan dengan lancar. Komposisi pimpinan terdiri dari Ketua DPRD yang dijabat oleh Gustan Ganda dari PDI Perjuangan.

Adapun posisi wakil terdiri dari Ani Martanti dari Fraksi PKB, Hasto Karyantoro dari PKS dan Sukaptana dari Gerindra. “Semuanya sudah mendapatkan restu dari masing-masing partai dan untuk pelantikan juga ada Surat Keputusan penetapan dari Gubernur DIY,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Dirjen Anggaran Kemenkeu Terkait Dugaan Kasus Gratifikasi Eks Bupati Kukar

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement