Advertisement

Pasangan Calon di Pilkada Jogja Mulai Bersiap Menghadapi Debat Perdana

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 25 Oktober 2024 - 16:17 WIB
Maya Herawati
Pasangan Calon di Pilkada Jogja Mulai Bersiap Menghadapi Debat Perdana Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja dalam waktu dekat akan menggelar pendalaman visi dan misi masing-masing pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Jogja yang akan dikemas dalam bentuk debat publik.

Kini pasangan calon (paslon) mulai melakukan persiapan, salah satunya dilakukan oleh tim sukses pasangan Heroe Poerwadi dan Sri Widya Supena yang bernaung di bawah Koalisi Bersama Rakyat Jogja.

Advertisement

Ketua Steering Committe Koalisi Bersama Rakyat Jogja Mohammad Sofyan menuturkan pihaknya telah menyiapkan gelaran debat publik mendatang. Persiapan bahkan telah dilakukan enam bulan lalu. Pasangan Heroe-Pena juga sebelumnya telah melakoni beberapa kali debat publik yang diinisiasi oleh berbagai pihak.

“Kami selalu hadir mengikuti dan kami insyaallah selalu siap mengikuti debat dimanapun kapan pun,” ujar Sofyan.

Sofyan mengatakan pengalaman Heroe Poerwadi yang pernah duduk di Pemkot Jogja sebagai wakil wali kota merupakan modal besar. Sebab, Heroe dinilai sangat memahami dinamika persoalan masyarakat Kota Jogja.

BACA JUGA: IPhone 16 Dipastikan Dilarang Dijual di Indonesia, Ini Kata Kementerian Perindustrian

Pengalaman ini juga yang menjadikan Koalisi Bersama Rakyat Jogja sepakat mendukung Heroe Poerwadi sebagai calon wali kota Jogja. Salah satu isu yang akan menjadi senjata pamungkas saat debat nanti adalah soal sampah. Ini sejalan dengan survei yang dilakukan oleh tim sukses.

“Isu sampah itu selain masukan dari masyarakat, hasil dari sosialisasi di ratusan titik itu, kami sudah melakukan survei apa sih harapan masyarakat. 30 persen masyarakat menginginkan masalah sampah segera tuntas. Kami punya komitmen satu tahun mas Heroe menjabat kita akan tuntaskan sampah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat Agus Muhammad Yasin menuturkan debat publik akan digelar sebanyak 3 kali.

Tepatnya pada tanggal 9, 14, dan 21 November 2024. Masing-masing momen debat akan menampilkan calon wali kota saja, calon wakil wali kota saja, hingga keduanya.Dia mengatakan KPU Kota Jogja menggandeng profesional, akademisi, tokoh masyarakat, hingga stake holders di tingkat Pemkot Jogja dalam menyusun materi debat.

“Debat ini bisa menjadi wadah pendidikan politik bagi warga Kota Jogja,” kata Yasin.

Sementara, Salah satu anggota tim perumus materi debat Pilkada 2024 Kota Jogja Dr Gugun El Guyani menuturkan masing-masing debat memiliki tema besar.

Debat pertama mengusung tema Tata Kelola Kota yang Inklusif dan Menyejahterakan, debat kedua mengusung tema Pembangunan SDM, Ekonomi, dan Kebudayaan, sedangkan debat ketiga mengusung tema Tata Kelola Pemerintahan yang Anti Korupsi, Responsif, dan Transformatif”.

Gugun mengatakan 2 top of mind isu di tengah warga Kota Jogja yakni terkait dengan sampah dan peredaran miras akan turut dibahas pada debat pertama oleh calon wali kota. “Tema sudah di break down menjadi isu-isu strategis dan akan disampaikan ke paslon agar mempersiapkan diri,” kata Gugun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Dinas Pendidikan DIY Yakin Kurikulum Pendidikan Tidak Berubah Secara Mendadak

News
| Jum'at, 25 Oktober 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement