Advertisement

Ada Proyek Tol, Durasi Lampu Hijau Bangjo Ring Road Kronggahan Diperpanjang

Catur Dwi Janati
Minggu, 27 Oktober 2024 - 11:27 WIB
Arief Junianto
Ada Proyek Tol, Durasi Lampu Hijau Bangjo Ring Road Kronggahan Diperpanjang Suasana lalu lintas di Simpang Empat Kronggahan dekat lokasi pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA Paket 2.2 di tengah ring road pada Sabtu (26/10/2024). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Durasi lampu bangjo (APILL) di dekat lokasi proyek pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman diubah. Lama waktu durasi lampu hijau kini ditambah agar antrean kendaraan bisa cepat terurai.

Proyek pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA Paket 2.2 kini telah memasuki area Ring Road Utara tepatnya di sekitar Simpang Empat Kronggahan.

Advertisement

Beton barrier dan Pagar Proyek Daur Ulang (PPDU) mulai dipasang di tengah Ring Road. Dampaknya terjadi bottleneck atau penyempitan lebar jalan di dekat Simpang Empat Kronggahan. 

Untuk mengurai kemacetan, durasi lampu APILL di Simpang Empat Kronggahan kini diubah lebih lama. "Kemarin sore diubah sama Dishub, Jumat siang habis Jumatan," kata Agung, Sabtu (26/10/2024).

Durasi lampu APILL di area Simpang Empat Kronggahan kini mencapai 40 detik. Harapannya, cara ini dapat mengurai antrean kendaraan yang sebelumnya terjadi di lokasi tersebut akibat adanya proyek. "Durasi [sekarang] 40 detik kalau yang dari timur dan barat. Dari yang semula 25-30 detik,"ungkapnya. 

Menurut pantauan Harianjogja.com di lokasi, antrean kendaraan di Simpang Empat Kronggahan dari arah timur ke barat dapat terurai dengan lancar. Panjang antrean kendaraan di Simpang Empat Kronggahan bisa terurai dengan durasi lampu hijau yang lebih lama. "Dampaknya bisa sedikit mengurangi kemacetan di sana, bisa lebih lancar, alirannya lebih lancar dari timur dan barat," lanjutnya. 

Pengubahan durasi lampu APILL ini disebut Agung bakal diterapkan selama proyek pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA Paket 2.2 di tengah ring road berlangsung. 

BACA JUGA: Pengadaan Tanah Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 Terus Dikebut, Begini Progresnya

Progres Pengerjaan

Di area Ring Road, seusai beton barrier dan PPDU dipasang, pengerjaan selanjutnya beralih ke pembongkaran separator. Saat ini, separator telah dibongkar menyisakan lampu penerangan jalan dan sejumlah tiang rambu-rambu jalan. "Betul separator [sudah dibongkar], tinggal lampu," ungkapnya. 

Lampu maupun rambu-rambu di tengah ring road nantinya akan dilepas semua. Khusus untuk lampu, nantinya kontraktor akan memasang lampu proyek sebagai media penerangan. "Lampu kami lepas semua nanti terus kami kasih lampu proyek yang di pinggir-pinggir itu.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buntut Karangan Bunga Bernada Satire, BEM FISIP Unair Surabaya Akhirnya Dibekukan

News
| Minggu, 27 Oktober 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement