Advertisement

Ikuti Retret di Magelang, Begini Kesan Tiga Menko

Catur Dwi Janati
Minggu, 27 Oktober 2024 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Ikuti Retret di Magelang, Begini Kesan Tiga Menko Presiden Prabowo Subianto saat memimpin kegiatan latihan baris berbaris yang diikuti para anggota Kabinet Merah Putih di lapangan Sapta Marga, Akmil, Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). - Antara/Kantor Komunikasi Kepresidenan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kegiatan retreat atau pembekalan The Military Way yang diikuti Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang usai digelar. Para Menteri Koordinator (Menko) menilai agenda ini sebagai langkah positif untuk menyamakan visi dan persepsi mewujudkan kesejahteraan Indonesia.

Setelah mengikuti retreat di Magelang, tiga Menko yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto; Menteri Koordinator Bidang Pangan, Zulkifli Hasan dan Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Muhaimin Iskandar tampak datang ke Bandara Adisutjipto untuk selanjutnya bertolak menuju Jakarta.

Advertisement

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan kesan positifnya pada agenda retreat yang diadakan. Selain penuh nuansa keakraban yang kental, retreat menjadi kesempatan anggota kabinet unruk menyamakan frekuensi dan persepsi. "Kesannya sangat positif, keakraban, solidaritas dan perkenalan dengan seluruh kabinet berjalan dengan baik," kata Airlangga, Minggu (27/10/2204).

"Tentu [retreat] ini dipakai juga kesempatan selain kegiatan jasmani tetapi juga kesamaan frekuensi dan persepsi dan juga arahan-arahan bapak presiden sangat jelas," ujar dia.

BACA JUGA: Tuntas Ikuti Pembekalan Kabinet Prabowo di Akmil Magelang, Begini Respons Aktivis 98 Budiman Sudjatmiko

Kesan positif juga disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pangan, Zulkifli Hasan saat ditanya perihal agenda retreat yang dikutinya selama tiga hari.

Menurutnya hampir semua agenda dalam retreat berkesan dan membuat kecintaan akan merah putih semakin membara. "[Retreat] sebagai agenda yang mengumpulkan [anggota kabinet] menjadi satu, yang kedua kecintaan terhadap merah putih semakin membara. Hampir semua berkesan mulai bangun pagi, makan siang, makan malam, kemudian olahrganya apalagi soal baris berbaris yang suka salah-salah. Hampir semua berkesan," ungkapnya. 

"Yang paling mudah cepat diingat itu istirahat di tempat itu hafal semua," imbuhnya. 

Sementara Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Muhaimin Iskandar menilai retreat sebagai media membentuk tim yang solid untuk menjalani pemerintahan lima tahun ke depan.

"Inilah cara pak Prabowo menyolidkan tim sekaligus merapatkan barisan. Inilah cara Pak Presiden agar tim yang akan bekerja lima tahun tahun ke depan menjadi tim yang kuat, solid, bersatu dan tentu saja barisan yang rapi dan disiplin.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terpidana Ronald Tannur Ditangkap di Perumahan Elite Surabaya

News
| Minggu, 27 Oktober 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement