Advertisement

THE LOST WORLD CASTEL : Terima SP, Ini Tanggapan Pemilik Usaha

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 20 Januari 2017 - 08:55 WIB
Mediani Dyah Natalia
THE LOST WORLD CASTEL : Terima SP, Ini Tanggapan Pemilik Usaha Salah seorang pengunjung The Lost World Castle menunjukkan tiket masuk ke lokasi tersebut, Rabu (18/1/2017). (Abdul Hamid Razak/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

The Lost World Castel tak kantongi izin.

Harianjogja.com, SLEMAN –  Selain lokasi bangunan yang melanggar peraturan, pemilik The Lost World Castel diminta untuk menghentikan penarikan tiket masuk ke area tersebut. Pasalnya, penarikan tiket tersebut illegal karena tidak sesuai dengan ketentuan Perda.

Advertisement

Baca Juga : http://m.solopos.com/?p=786129">THE LOST WORLD CASTEL : Penarikan Tiket Ilegal, Harus Dihentikan

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih mengatakan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman telah melayangkan surat peringatan (SP) pertama terkait pelanggaran lokasi bangunan kastel tersebut. Dia berharap pemilik ataupun pengelola The Lost World Castel mematuhi SP tersebut.

“Kalau sudah dikirimkan SP, seharusnya seluruh aktivitasnya dihentikan termasuk ticketing,” ujarnya.

Pada Rabu (18/1/2017), DPUPKP Sleman mengirimkan SP pertama ke pemilik The Lost World Castel. Terkait hal itu, Ayung pemilik bangunan castel tersebut mengaku sudah menerima surat tersebut Kamis (19/1/2017).

“Sudah saya terima tadi [kemarin] pagi. Prinsipnya kami akan mematuhi ketentuan dalam surat tersebut. Kami akan lakukan konsultasi ke Pemkab dulu,” jawabnya singkat.

Kepala DPUPKP Sleman Sapto Winarno menegas isi SP pertama yang dikirimkan meminta agar pemilik bangunan kastel tersebut untuk menghentikan aktivitasnya. Sebab, keberadaan bangunan tersebut melanggar ketentuan undang-undang, Peraturan Bupati No. 20/2011 tentang KRB Gunung Merapi dan Perpres No.70/2014 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Taman Nasional Gunung Merapi.

"SP pertama diberikan karena melanggar aturan tersebut. Kegiatan harus dihentikan. Kalau pemilik mau berkonsultasi, silahkan datang. Kami akan jelaskan terkait pelanggaran yang dilakukan dan surat peringatan itu,” kata Sapto.

Sekadar diketahui, meski belum mengantongi izin banyak wisatawan yang berkunjung ke The Lost World Castel tersebut. Dalam sepekan terakhir, pengelola bahkan menarik retribusi [ticketing] kepada pengunjung. Tiket dijual seharga Rp60.000,namun karena masih masa promosi, pengelola memberikan diskon 75% sehingga pengunjung hanya membayar Rp15.000 saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement