Kotabaru, Jogja Akan Dijadikan Kawasan untuk Pedestrian

Suasana Jalan Suroto, Kotabaru Selasa (17/4/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
17 April 2018 14:37 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Pemkot Jogja dalam waktu dekat akan merevitalisasi kawasan Kotabaru. Revitalisasi tahap pertama menyasar sepanjang Jalan Suroto.

Di sepanjang jalan ini Pemkot Jogjaakan menjadikan kawasan untuk pedestrian. Keberadaan taman akan dibongkar untuk kepentingan fasilitas publik. Adapun rimbunan pohon yang menjadi pembatas jalan tetap dipertahankan keasriannya.

Selain membongkar taman, keberadaan trotoar di sepanjang jalan tersebut akan ditata ulang sebagai area untuk pedestrian. "Pohonnya tetap. Tidak diubah-ubah, tidak ditebang karena sudah menjadi salah satu saujana di Kotabaru," kata Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi, Selasa (17/4/2018).

Saat ini teknis penataan trotoar dibahas secara intensif agar tidak mengganggu akses masuk ke gedung atau perkantoran di kawasan tersebut. "Revitalisasi di Jalan Suroto masih tahap awal penataan. Kalau sudah selesai, kami akan dilanjutkan revitalisasi di kawasan Stadion Kridosono," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Jogja Agus Tri Haryono menjelaskan saat ini proyek revitalisasi di Jalan Suroto masuk pelelangan. Dia berharap April ini pemenang proyek dapat ditentukan. "Mei diharapkan proyek bisa dimulai," katanya.

Dia menjelaskan, selain revitalisasi trotoar dan taman, saluran air di Jalan Suroto juga diperbaiki. Alokasi anggaran diambilkan dari Dana Keistimewaan sebesar Rp6 miliar. Anggaran tersebut hanya untuk perbaikan drainase. "Ini anggaran belum termasuk perbaikan taman dan trotoar," katanya.