Advertisement

Status Merapi Waspada Bukan Harga Mati, Warga Belum Perlu Mengungsi

I Ketut Sawitra Mustika
Rabu, 23 Mei 2018 - 04:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Status Merapi Waspada Bukan Harga Mati, Warga Belum Perlu Mengungsi Petani mengamati keindahan Gunung Merapi dari areal persawahan di Wukirsari, Sleman, Selasa (22/5/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan status waspada Gunung Merapi bukanlah 'harga mati'. Status gunung itu bisa saja diturunkan jadi normal kembali, atau sebaliknya bisa ditingkatkan jadi siaga, tergantung situasi yang berkembang. Pada status waspada, evakuasi warga belum diperlukan.

"Ada kemungkinan aktivitas [Gunung Merapi] turun atau naik. Akan dilihat perkembangannya. Kalau tenang, ya akan diturunkan [statusnya]. Status waspada bukan harga mati, yang sudah pasti akan naik statusnya. Setelah 2010 kami pernah menaikkan status, tapi diturunkan lagi" kata Hanik sebelum Rapat Koordinasi Kesigapsiagaan Menghadapi Erupsi Gunung Merapi di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Selasa (22/5/2018).

Advertisement

Status waspada level II, sambung Hanik, bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan. Pada tahap ini, evakuasi warga belum diperlukan. BPPTKG hanya merekomendasikan radius tiga kilometer dari puncak gunung tidak boleh ada aktivitas apapun. Radius tiga kilometer bukanlah area permukiman, tapi di sana warga sekitar kerap menyabit rumput atau mencari kayu bakar.

Ia melanjutkan, jika status dinaikkan jadi siaga level III, baru perlu ada evakuasi. Tapi yang diungsikan adalah mereka yang rentan, seperti orang lanjut usia, ibu hamil dan penyandang cacat. "Kalau awas [level IV] baru masyarakat harus diungsikan. Ini yang perlu dipahami bersama."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement