Begini Rencana Rekayasa Lalu Lintas di Titik Nol saat Malam Takbiran

Takbir keliling. /Harian Jogja - Desi Suryanto
14 Juni 2018 16:35 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :

Harianjogja, JOGJA--Kawasan Titik Nol Km akan dilewati peserta Gema Takbir Jogja (GTJ) 2018 yang diselenggarakan oleh Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Gondomanan. Untuk mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan, polisi telah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas di jalan tersebut.

"Kami Beri tempat masing-masing karena semua masyarakat membutuhkan jalan. Tapi apabila peserta takbir membutuhkan banyak badan jalan dan kendaraan ramai, akan ditutup dari [simpang empat] Gondomanan, dari Ngabean barat juga ditutup. Sepenuhnya dipakai untuk takbir, ini dilakukan sesuai dengan situasi yang berkembang," ujar Padalpospam Titik Nol Iptu Nur Hasan, Kamis (14/06/2018).

Namun, jika arus lalu lintas dari kedua arah tidak macet dan di saat bersamaan takbir berjalan lancar, polisi, ucap Hasan tidak akan menutup arus lalu lintas menuju Titik Nol Kilometer.

Menurutnya, ketika keadaan lancar, polisi hanya akan menjaga demi memastikan keamanan tetap terjaga. Ia menyebut tahun lalu tidak ada penutupan hingga akhir takbir selesai, sebab arus lalu lintas cenderung tidak macet.

GTJ 2018 sendiri akan diikuti oleh 14 peserta yang berasal dari perwakilan AMM atau remaja masjid di wilayah Kota Jogja. Para peserta akan berpawai mulai dari halaman Masjid Gedhe Kauman, kemudian melintasi Titik Nol Kilometer-Jl. KH Ahmad Dahlan-Jl Nyai Ahmad Dahlan dan kembali ke Masjid Gedhe.