Advertisement

Awas Gelombang Tinggi di Pantai Selatan!

Beny Prasetya
Minggu, 17 Juni 2018 - 14:17 WIB
Nina Atmasari
Awas Gelombang Tinggi di Pantai Selatan! Sejumlah wisatawan mandi di tepi pantai Glagah, Minggu (17/6/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Rescue Istimewa Wilayah V Pantai Glagah siagakan 40 personel untuk memantau aktivitas pengunjung di beberapa titik pantai sepanjang Kulonprogo, Minggu (17/6/2018). Puluhan anggota itu disebar di beberapa titik yang sekaligus memantau apakah ada migrasi ubur-ubur di Pantai Kulonprogo.

"Untuk saat pasang memang mencapai tiga meter ketinggian, itu bisa lebih tinggi lagi, jadi kami mohon untuk tidak berenang di laut," kata Ketua Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Pantai Glagah, Aris Widiatmoko, Minggu (17/6/2018)

Advertisement

Karena gelombang tinggi tidak hanya terjadi di Glagah saja, Aris menempatkan 40 anggotanya tersebar di pantai dengan keramaian dan memiliki gelombang membahayakan.

"Di Pantai Bugel, Trisik, Mangrove dan Glagah, selain itu kami juga melakukan kerjasama dengan kepolisian setempat," ungkapnya.

Mengenai kabar adanya ubur-ubur di pantai Gunungkidul, Aris katakan tidak terjadi di Kulonprogo. Menurutnya ubur-ubur biasanya lebih dulu muncul di wilayah timur dan baru merembet ke wilayah barat.

"Memang sudah mau memasuki musimnya, Juli Agustus, jadi wajar kalau ada, makanya kita sebar di beberapa titik," ungkapnya.

Sementara Kepala Polisi Resor (Kapolres) Kulonprogo AKBP Anggara Nasution menyatakan dirinya terus mengintruksikan segenap jajaran Polres tetap melakukan pengamanan arus mudik dan arus balik lebaran. Selain itu objek wisata yang menjadi pusat konsentrasi massa di momen libur lebaran ini juga ia lakukan pengamanan.

"Melalui anggota di Kepolisian Sektor, Polres Kulonprogo," ungkapnya.

Ia juga mencontohkan pihaknya bekerjasama Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Pantai Glagah untuk melakukan pemantauan dan tindakan penyelamatan korban bila terjadi kecelakaan di laut. "Target kami sampai 24 Juni mendatang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement