Advertisement

Puluhan Mobil dan Sepeda Motor Tidak Kuat Menanjak di Jalur Cinomati

Ujang Hasanudin
Senin, 18 Juni 2018 - 17:37 WIB
Nina Atmasari
Puluhan Mobil dan Sepeda Motor Tidak Kuat Menanjak di Jalur Cinomati Foto ilustrasi kecelakaan. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Imbauan polisi agar wisatawan menghindari jalur Cinomati terbukti. Dalam sehari, selama libur lebaran ini, puluhan kendaraan tidak kuat menanjak di jalur Pleret-Dlingo tersebut.

"Hari ini saja tercatat ada 35 mobil dan 20 motor yang tidak kuat menanjak dan terpaksa kami bantu dorong, sejak pukul 08.00 WIB sampai siang ini," kata Kepala Pos Pantau Jalur Cinomati, Inspektur Satu Sukardi, Senin (18/6/2018).

Advertisement

Sebelumnya sejak 15-17 Juni tercatat ada 54 mobil dan 50 motor yang tidak kuat menanjak. Sukardi mengatakan kendaraan yang tidak kuat menanjak tersebut didominasi mobil-mobil berplat luar daerah Bantul dan sebagian besar baru pertama melintas di Jalur Cinomati.

Pihaknya bersama para relawan pengamanan lebaran terpaksa mendorong kendaraan yang mogok tersebut sepanjang sekitar 25 meter atau sampai tanjakan curam bisa dilalui.

Tidak hanya mendorong, polisi juga terpaksa harus menggantikan sopir beberapa kendaraan yang mogok karena sopir tersebut tidak sanggup untuk melanjutkan perjalanan sepanjang dua kilometer jalur tersebut.

"Yang minta digantikan sopir ada enam kendaraan," kata Sukardi. Hingga 24 Juni nanti polisi bersama relawan akan tetap menjaga Jalur Cinomati terutama di tiga tanjakan yang cukup curam dengan memberlakukan pagar betis setiap dua meter.

Sukardi yang menjabat sebagai Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polsek Pleret ini menambahkan sejak Minggu (17/6/2018) kendaraan yang melintas Jalur Cinomati didominasi kendaraan yang turun atau dari Dlingo menuju Pleret. Namun kendaraan yang menanjak juga masih terpantau banyak.

Ia kembali mengingatkan agar pengendara tidak memutar arah kendaraan di sepanjang Jalur Cinomati karena berbahaya. Untuk kendaraan besar seperti bus dan travel diimbau tidak melintas di jalur tersebut. Bagi wisatawan yang ingin berwisata ke kawasan Dlingo sebaiknya melewati Jalan Imogiri-Mangunan atau jalur Patuk Gunungkidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement