Advertisement

Pagi Ini, Merapi Diselimuti Cuaca Cerah

Newswire
Rabu, 20 Juni 2018 - 10:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Pagi Ini, Merapi Diselimuti Cuaca Cerah Gunung Merapi - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Cuaca cerah menyelimuti Gunung Merapi pada Rabu (20/6/2018) pagi, meski asap bertekanan lemah masih keluar dari puncak gunung itu. Hal tersebut berdasarkan pemantauan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

"Via PGM.Selo visual merapi tampak, cuaca cerah, suhu udara 16,5 derajat celcius, kelembaban 76 persen RH, pressure 837,0 hpa, angin perlahan dari timur," tulis akun twitter resmi BPPTKG yang dikutip di Jogja, Rabu.

Advertisement

Berdasarkan data laporan terakhir dari BPPTKG pada Selasa (19/6/2018), mulai pukul 00.00 WIB hingga 24.00 WIB, asap kawah bertekanan lemah berwarna putih masih mengepul dengan ketinggian 50 meter di puncak gunung yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah itu.

Selain itu, sejumlah aktivitas kegempaan juga masih terjadi di Gunung Merapi. Gempa guguran tercatat terjadi sebanyak 8 kali, dengan amplitudo 2,5-10 mm dan durasi 25-87,7 detik. Gempa hybrid/fase banyak tercatat satu kali, dengan amplitudo 7,1 mm dan durasi 10 detik, serta gempa tektonik lokal tercatat terjadi sebanyak tiga kali, dengan amplitudo 9-32 mm dan durasi 37,2 - 124,8 detik.

Berdasarkan data aktivitas vulkanik Merapi tersebut, hingga saat ini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level II atau waspada. Kegiatan pendakian Gununng Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan BPPTKG, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

"Radius 3 km dari puncak G.Merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk. Masyarakat yang tinggal di KRB lll mohon meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi," demikian imbauan BPPTKG.

Gunung Merapi yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah terakhir meletus tiga kali pada Jumat (1/6/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement