Advertisement

Libur Pilkada, Disdukcapil Kulonprogo Diserbu Warga

Beny Prasetya
Rabu, 27 Juni 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Libur Pilkada, Disdukcapil Kulonprogo Diserbu Warga Pelayanan di Kantor Disdukcapil Kulonprogo, beberapa waktu lalu. Harian Jogja - Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo kebanjiran warga yang ingin mengurus administrasi kependudukan saat libur nasional Pilkada 2018, Rabu (27/6/2018). Berdasarkan catatan, jumlah warga yang datang lebih banyak ketimbang hari biasa.

Di hari biasa, jumlah warga yang mengurus pelayanan ke Disdukcapil berkisar di 100 orang. Saat libur Pilkada, Disdukcapil melayani 174 pemohon dengan waktu pendaftaran selama tiga jam.

Advertisement

Kepala Disdukcapil Kulonprogo, Djulistyo, menyatakan kedatangan ratusan warga ke Disdukcapil didominasi warga yang melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP. Selain itu dari ratusan warga yang datang, ada warga yang melakukan mutasi kependudukan. "Kami mencatat ada 174 warga yang datang selama tiga jam pendaftaran," katanya, Rabu.

Pendaftaran layanan di Kantor Pelayanan Disdukcapil hanya berlangsung pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Adapun proses pelayanan berlangsung hingga pukul 13.00 WIB. "Kami tetap membuka layanan kendati libur, tetapi hanya paruh waktu dan dikerjakan secara piket," ucapnya.

Selama libur Pilkada 2018, Djulistyo menyatakan jajarannya tetap mengusahakan warga dapat mengakses pelayanan kependudukan. "Seperti saat libur Lebaran, kami juga membuka pelayanan untuk memberikan kesempatan bagi pemudik dan karyawan," katanya.

Seorang pemohon, Enggar Widayanto, warga Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, pelayanan yang dibuka Disdukcapil saat libur Pilkada 2018 sangat membantu dirinya. Pasalnya di hari biasa, dirinya harus bekerja. "Sangat membantu bagi anggota TNI seperti saya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement