Advertisement

Kecewa dengan Putusan MK, Ini Harapan Driver Ojek Online

I Ketut Sawitra Mustika
Senin, 02 Juli 2018 - 12:20 WIB
Arief Junianto
Kecewa dengan Putusan MK, Ini Harapan Driver Ojek Online Ilustrasi gojek, grab, uber - Sae

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Menyikapi sikap Pemda DIY yang cenderung pasif, kalangan ojek daring di DIY menyayangkannya.

Sekretaris Jenderal Paguyuban Gojek Driver Jogja (Pagodja) Widi Asmara mengatakan, saat ini perlu ada sinergitas antara Pemda DIY, aplikator, pengemudi ojek daring dan customer untuk mencari solusi terbaik bagi pengaturan jasa transportasi tersebut.

Advertisement

"Kalau nasional mengatakan [ojek daring] tidak aman, ya dibuktikan diĀ  daerah bahwa sebenarnya aman. Tapi itu tidak lepas dari kontribusi kami untuk membangun organisasi dan meningkatkan kapasitas anggota," ujar Widi, Minggu (1/7/2018).

Widi mengaku kecewa atas keputusan MK. Menurutnya, MK mestinya mengakomodasi tuntutan zaman. Sebab saat ini jumlah pengemudi ojek daring sangat banyak. Sebagai warga negara, sepatutnya mereka mendapatkan perlindungan hukum dalam menjalankan profesinya. Ketiadaan payung hukum juga membuat posisi tawar pengemudi ojek online lemah di hadapan aplikator.

Terkait dengan masalah keamanan, ia mengklaim ojek online juga aman. Meski angkutan umum roda empat memang lebih aman. Tapi itupun bisa diakali dengan, misalnya, membatasi jarak tempuh ojek online setiap kali mengantar penumpang dan aturan-aturan lain.

"[Penumpang] tidak akan mendapatkan driver sembarangan. Semua punya SIM dan motornya layak. Aman juga karena di aplikasi ada ruang komentar, sebagai alat kontrol driver supaya menjalankan tugasnya dengan baik. Kalau jelek dikasi rating kecil. Kalau enggak bawa pelanggan, kadang-kadang saya melanggar, tapi kalau bawa penumpang harus ditaati semuanya," jelas Widi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement