Rekayasa Lalin Depan Bandara Adisutjipto Sebabkan Kemacetan Sampai Tiga Km

Rekayasa lalu lintas di depan Bandara Adisutjipto, Minggu (8/7/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
08 Juli 2018 17:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Rekayasa lalu lintas dilakukan di depan bandara Adisucipto Jogja. Sayangnya, rekayasa tersebut berdampak pada macetnya arus kendaraan dari arah Solo ke Jogja pada pagi hari. Pada sore hari, kemacetan juga terjadi dari jalur Jogja ke arah Solo.

Dari pantauan Harianjogja.com, Minggu (8/7/2018) kemacetan kendaraan dari arah Solo terjadi sejak Cupuwatu Kalasan hingga persimpangan tiga Bandara. Panjang kendaraan yang mengantre sekitar 3 km. "Ada rekayasa lalu lintas di depan Bandara, jadi macetnya sampai sini (Cupuwatu)," kata Hariyanto, warga Kalitirto, Kalasan saat melintas di jalan tersebut.

Kondisi itu terjadi lantaran pihak kepolisian memisah jalur kendaraan yang akan masuk ke Bandara. Kendaraan yang akan ke Bandara dari arah Jogja dimasukkan ke lajur kanan mulai dari depan parkiran bandara (depan SPBU Adisucipto) hingga pertigaan jalan menuju bandara.

"Kendaraan yang akan masuk bandara, diberikan satu lajur khusus, menggunakan lajur kendaraan dari arah Solo ke Jogja," katanya.

Praktis, jalur Solo Jogja yang semula tiga lajur menjadi dua lajur saja. Sementara kendaraan yang keluar dari Bandara dialihkan langsung ke arah Jogja karena persimpangan tersebut diberi garis pembatas.

Rekayasa lalu lintas tersebut memang menyebabkan arus kendaraan dari arah Jogja ke Solo di sekitar pertigaan bandara tersebut ramai lancar. Padahal jika kondisi weekend seperti saat ini, lokasi tersebut sering kali mengalami kemacetan.

Sementara itu, berdasarkan pengamatan Harianjogja.com, pada sore hari, kepadatan lalu lintas arah Jogja ke Solo mulai terjadi dari Janti hingga Kalasan.