Bagaimana Nasib Bandara Adi Sutjipto Jogja Setelah NYIA Beroperasi?

Petugas gabungan mengawal proses pembersihan lahan lokasi pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulonprogo, Kamis (28/6 - 2018). (Antara / Andreas Fitri Atmoko)
21 Juli 2018 09:50 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, KULONPROGO- Angkasa Pura I menyatakan, setelah New Yogyakarta International Airport (NYIA) beroperasi, bandar udara (bandara) Adisutjipto (ADS) akan tetap beroperasi, namun dengan jumlah penerbangan yang akan mengalami pengurangan.

General Manager AP I Bandara ADS, Kolonel Pnb. Agus Pandu Purnama menjelaskan, pada saat ini, penerbangan maskapai di ADS mencapai 180 penerbangan per hari. Diperkirakan, jumlah tersebut akan mengalami pengurangan, saat NYIA sudah beroperasi di Kulonprogo.

"Penerbangan yang dilakukan di masing-masing bandara tersebut, akan menyesuaikan kapasitas [bandara yang bersangkutan]," kata dia, Jumat (20/7/2018).

Pada saat ini, belum ada nota kesepahaman secara resmi perihal maskapai yang akan mendaratkan pesawatnya di NYIA, khususnya untuk penerbangan langsung (direct) rute internasional.

Namun, sedikitnya ada tiga maskapai asal Timur Tengah dan satu maskapai asal Australia yang mulai menyatakan minatnya untuk membuka penerbangan langsung dengan tujuan Jogja via NYIA.

Ad Tokopedia